Imbas Pembangunan Gedung Duta Mall, Sejumlah Rumah Warga Rusak

Teras Bangunan rumah warga retak imbas pembangunan gedung Duta Mall Banjarmasin, karena tanah yang menopang bangunan rumah warga tersebut amblas. (foto : fachrul/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel.com- Sejumlah bangunan rumah warga terkena imbas pembangunan gedung baru Duta Mall, Banjarmasin. Pasalnya, pembangunan gedung untuk Mall di Kota Banjarmasin tersebut sangat berdekatan dengan kawasan pemukiman warga di Jalan, Veteran, Gang 5 Sejati, Kelurahan Kampung Melayu, Banjarmasin Tengah.

Bangunan warga yang mengalami kerusakan yakni teras dan pondasi rumah, karena ambruknya tanah bekas pemasangan paku bumi oleh pihak pembangunan gedung Duta Mall tersebut.

Warga mengakui, sudah ada pembicaraan dengan pihak Duta Mall terkait pergantian kerusakan bangunan mereka. Namun yang disayangkan menurut Mulyadi, hanya ada pembicaraan tentang akan adanya perbaikan, tidak ada surat perjanjian resmi dari kedua belah pihak.

“Ada pembicaraan akan diperbaiki tapi tidak ada hitam diatas putih, yang kami takutkan ketika tender pembangunan habis kejelasan perbaikannya kemana,” ujar Mulyadi.

Ia mengakui kerusakan rumahnya sudah sejak 7 bulan lalu, sejak pihak Duta Mall memasang paku bumi untuk pembangunan gedung tersebut. Namun kerusakan semakin parah dalam 3 hari terakhir.

“Kerusakan baru 3 hari ini yang parah.
Dengan pembangunan ini kami masyarakat juga merasa takut karena keadaan kerusakan saat ini bisa saja membahayakan nyawa kami, apalagi pembangunan hanya beberapa meter saja dari rumah kami,” ucapnya.

Bangunan Rumah Warga miring karena tongkat yang menopang rumah warga tersebut patah. (foto : fachrul/klikkalsel)

Sementara itu, dari pihak Duta Mall Banjarmasin, melalui Bagian Operasional, Yenni, mengatakan bahwa pihaknya mengetahui dengan jelas tentang adanya kerusakan terhadap bangunan milik warga sekitar, dan terkait kerusakan tersebut, pihaknya sudah ada melakukan pembicaraan dengan pihak warga, dan akan segera diperbaiki.

“Terkait kerusakan karena proyek sudah di list sesuai dengan laporan dari warga, dan juga sudah di cek bersama, nanti akan dijadwalkan perbaikannya. Kita juga sudah ada melakukan pertemuan dengan pihak warga dan kesepakatan antara warga sekitar dengan Duta Mall juga sudah berjalan,” kata Yenni.

Dengan ketidaknyamanan warga atas pembangunan yang dilakukan Duta Mall tersebut, Yenni mengungkapkan bahwa pihaknya sudah secara langsung menyampaikan permohonan maaf.

“Yang namanya proyek sudah pasti ada beberapa gangguan yang tidak bisa dihindari, kami berharap tetap didukung agar Duta Mall nantinya bisa menjadi kebanggan Banjarmasin dan turut serta membantu dalam pembangunan Kota Banjarmasin,” harapnya.(fachrul)

Editor : Amran