IKASBA Ajak Para Ketua Suku Bisa Menyikapi Medsos, Serta Berperan Menjaga Kedamaian Banua

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Para Ketua Etnis dan Suku yang ada di Kalimantan Selatan diingatkan untuk membangun kebersamaan menjaga persatuan dan kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Selain itu, ketua suku juga diminta tetap mempererat kekeluargaan, meningkatkan kepedulian dan kepekaan menjaga kedamaian banua.
Hal itu disampaikan Ketua IKASBA Kalsel, Aliansyah Mahadi di hadapan beberapa tokoh, ketua suku/etnis pada pertemuan silaturahmi di Sekretariat IKASBA Kalsel, Minggu sore, (2/8/2020).
Dikatakan Didit nama panggilan Ketua IKASBA ini, bahwa silaturahmi rutin tiap bulan ini hampir empat bulan tidak digelar, karena masa pandemi Covid-19.
Dalam pertemuan itu, diingatkan kepada para ketua etnis suku untuk menjaga kedamaian daerah ini dalam naungan NKRI.
Ia juga meminta para kepala suku untuk melakukan komunikasi yang intens kepada masing-masing anggotanya, sehingga terbangun rasa kekeluargaan, kebersamaan sehingga soliditas dalam wadah IKASBA lebih mantap lagi.
Baca Juga : Pendapatan Pengepul Kulit Sapi di Kawasan Kolonel Sugiono Menurun
Kemudian, anggota IKASBA dalam menyikapi berita-berita di media sosial yang bisa memecah belah suku bangsa agar bijak dan cerdas yakni dengan menyaring dulu baru disharing. “Saring dulu sebelum sharing,” kata Didiet.
Selain itu, ia menambahkan, apabila para ketua suku menemukan sesuatu yang kemungkinan ada gesekan-gesekan menyebabkan perpecahan, baik intern suku maupun antar suku untuk segera dirembugkan dan dimusyawarahkan dalam satu wadah yakni di IKASBA.
“Yang terpenting para ketua suku tetap menjunjung pribahasa ‘Dimana bumi dipijak disitu langit di junjung’,” ujar Didiet.
Dalam silaturahmi itu dihadiri beberapa tokoh suku dan etnis yaitu etnis
Banjar, Madura, Maluku, Batak, Dayak, Ponorogo, Arema, Arab dan Tionghoa.(rilis/klikkalsel)
Editor : Amran