Ibnu Sina Akan Menjadi Pembicara di Amerika

BANJARMASIN, klikkalsel– Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina diagendakan menjadi pembicara pada studi banding di Negara Adidaya (Amerika Serikat).

Sejumlah perwakilan dari Indonesia akan hadir mewakili Pemerintah daerah (Pemda) dan kabupaten/kota di Indonesia. Tentu ini diharapkan menjadi agenda yang akan mengharumkan nama Kota Banjarmasin.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina (tiga dari kanan) foto bersama dengan Kemenpan RB dan Kantor Staff Kepresiden (KSP). (foto : fachrul/klikkalsel)

Bahkan, Ibnu Sina nanti akan mewakili presentasi tentang Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

LAPOR Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin ini menjadi bagian dari 10 Kementerian lembaga negara dan Pemda yang menjadi percontohan sebagai penerapan lapor versi terbaru di Indonesia.

Selain itu, penilaian dari Kementerian atau kelembaga negaraan ada tiga yaitu Kemenpan RB, BUMN, dan BPJS. Kemudian dari tingkatan Provinsi Riau, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Lalu untuk tingkatan kota ada Bandung, Semarang, dan Banjarmasin, dan yang terakhir dari Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan yang diadakan di Amerika tersebut dipilih berdasarkan dari hasil pemerintahan resposnsif dan aktif, dengan jumlah pengaduan yang ditindak lanjuti dengan baik.

Kemudian terpilihnya Kota Banjarmasin sebagai salah satu pilot project, maka Walikota Banjarmasin Ibnu Sina di berikan penghargaan dan apresiasi dari pusat dan diundang mengikuti studi banding Pengembangan Pengelola Pengaduan oleh Usaid Cegah yang bekerjasama dengan Kemenpan RB dan Kantor Staff Kepresiden (KSP) di Amerika Serikat terkait Lapor.

Tidak hanya itu,keberangkatan pada tanggal 10 Maret sampai dengan 18 Maret sebagai kegiatan studi banding tersebut akan diberangkatkan oleh Usaid Cegah, dan seluruh biaya keberangkatan tersebut di tanggung sepenuhnya oleh Usaid Cegah, tanpa sedikitpun menggunakan biaya APBD.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, menyampaikan, kegiatan yang diadakan di Amerika tersebut adalah studi komperatif yang nanti akan dilaksanakan di negara tersebut.

“Nanti yang akan berangkat ke Amerika ada Perwakilan Ombudsman RI, Kemenpan RB, Kemendagri, dan Pemda., Dari pemda tersebut ada kita dari Banjarmasin, Walikota Kupang, Walikota Banda Aceh dan Walikota Tidore,” tutur Ibnu.

Selain itu kata dia, kemungkinan nanti juga akan mengunjungi beberapa Kota di Amerika Seperti, New York, Wasington DC, dan Baltimore.

“Kemudian studi komperatif nanti kemungkinan diadakan di, Public Lacture di KBRI, Social and health distance of Maryland, diverpet country of Virginia. Nah, disitu kemungkinan studi komperatifnya,” tandasnya. (fachrul)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.