Banjarmasin

Ibnu Sina Akan Jadi Orang Pertama yang Menguji Vaksin Covid-19

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Vaksin untuk Virus Corona (Covid-19) akan tiba di Banjarmasin, dan akan segera diuji coba. Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina siap menjadi orang pertama menguji Vaksin buatan Sinovac tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), kota Banjarmasin, Dr Machli Riyadi, menyampaikan bahwa ketersediaan Vaksin Covid-19 tersebut sudah di usulkan untuk umum sebanyak 427 ribu vaksin.

Menurut Machli, kedatangan vaksin tersebut kemungkinan akan tiba di Banjarmasin hari ini, Senin (4/12/2021).

“Insya Allah hari ini vaksin itu akan datang. Tentu pendistribusiannya itu dari Dinkes Provinsi Kalsel ke Dinkes Kota Banjarmasin. Kita juga sudah menerima Cold Chain (terdiri dari lemari es dan freezer untuk menyimpan vaksin, dan termos (vaksin carrier) untuk membawa vaksin) dari Kementrian Kesehatan dan kemudian kita distribusikan kembali ke Puskesmas,” jelasnya.

Juga disampaikannya, berdasarkan hasil Permenkes No. 84/2020 bahwa jadwal dan tahapan pemberian vaksinasi ini ditetapkan sesuai dengan ketersediaan vaksin Covid-19, mulai dari kelompok prioritas penerima, dan jenis vaksin Covid-19.

“Untuk umum itu jumlahnya 427 ribu. Kemudian khusus untuk Nakes kita sudah mengisi aplikasi yang diminta oleh kementrian kesehatan, Dinkes Banjarmasin dengan 26 Puskesmas dan 1 Rumah Sakit, itu kita usulkan 1400,” ujarnya.

Vaksin itu sendiri nantinya akan lebih diutamakan untuk para Nakes di Kota Banjarmasin. “Insya Allah kita akan sesegeranya vaksinasi tersebut,” ucap Machli.

Selain itu, Machli juga menegaskan bahwa warga yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 maka tidak perlu lagi untuk diberikan vaksin karena menurutnya orang yang telah terinfeksi memiliki antibody yang sudah terbentuk.

“Orang yang sudah terkena Covid-19 itu tidak perlu divaksin lagi, karena sudah terbentuk antibody pada tubuhnya. Tentu Vaksin ini halal dan sudah mendapat izin edar dari BPOM. Kemudian untuk usia 19-59 tahun yang terlebih dahulu di vaksin,” tegasnya.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, juga bersiap untuk menjadi relawan pertama yang mencoba Vaksin Covid-19 buatan Sinovac tersebut.

“Kalau pemimpin yang mencontohkan itu kemarin kan pak Presiden. Kemudian kami ke Bio farma kemarin kan sempat juga ingin jadi relawan tapi mudah-mudahan ini pilihan terbaik,” ujar Ibnu Sina.

“Tetapi di prioritaskan kepada Nakes, sesuai dengan arahan pak Presiden, dan juga kepada kelompok-kelompok rentan,” tuturnya.

Menjadi orang pertama yang akan mencoba vaksin tersebut, Ibnu membeberkan alasannya yakni, untuk meyakinkan bahwa Vaksin tersebut halal dan menurutnya warga harus perlu contoh.

“Jadi terkait vaksin dari Sinovac itu kehalalannya seperti apa, jadi harus kita cek bersama-sama,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top