Banjarmasin

Ibnu-Arifin Tetap Raih Suara Terbanyak Meski Kalah di PSU, Ibnu Sina : Kita Tunggu Penetapan KPU

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Kalah dalam hasil pemungutan suara ulang (PSU) di 3 kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Tim pemenangan Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 02 Ibnu Sina – Arifin Noor, masih merasa legawa, lantaran hasil akhir Pilkada 2020 masih unggul.

Hal tersebut disampaikan ketua Tim Pemenangan Paslon 02, Ibnu Sina – Arifin Noor, Bambang Yatno Purnomo, setelah menerima hasil Quick Count, PSU di Kelurahan Mantuil, Basirih Selatan dan Murung Raya.

Hasil dari PSU tersebut memang paslon 02 kalah jauh dibandingkan kompetitornya yakni paslon 04 Hj Ananda – Mushafa (AnandaMu) dengan total selisih suara 6.816 suara.

Tim pemenangan Ibnu Sina-Arifin Noor tetap mengklaim kemenangan di Pilkada Kota Banjarmasin, berdasar rekapitulasi C1 pihaknya di 5 kecamatan. Dimana petahana masih unggul selisih 8.045 suara dari AnandaMu.

Dari hasil Quick Count tim Pemenangan Ibnu-Arifin. Ibnu Sina-Arifin Noor mengumpulkan sebanyak 89.404 suara atau 37,96 persen. Sedangkan paslon Ananda-Mushaffa Zakir meraup 81.359 suara atau 34,54 persen.

“Dari hasil ini sudah ketahuan, hasil keseluruhan bahwa kemenangan berada di pihak kita, meski kita kehilangan sekitar 1.500 suara,” tuturnya, Rabu (28/4/2021).

Bambang juga menegaskan, bahwa kemenangan yang didapatkan oleh Ibnu-Arifin bukan semata kemenangan tim pemenangan atau paslon Ibnu Sina-Arifin.

“Ini adalah kemenangan warga kota Banjarmasin dalam memilih pemimpin,” terangnya.

Meski demikian ia tetap akan mematuhi aturan yang berlaku. Yakni dengan menunggu penetapan resmi dari KPU Banjarmasin.

“Kami berharap kemenangan ini bisa ditindaklanjuti oleh aturan yang berlaku. Kita tunggu saja dalam beberapa hari mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, Ibnu Sina saat dikonfirmasi terpisah menyampaikan bahwa hasil dalam PSU sudah dapat diketahui, bahwa kemenangan mutlak didapatkan oleh paslon 04.

Tetapi menurutnya dari hasil keseluruhan ia bersyukur masih memperoleh hasil yang terbaik, meski masih menunggu penetapan dari KPU.

“Hasilnya sudah bisa kita ketahui sama-sama tetapi walaupun masih menunggu penetapan KPU,” terangnya.

Ia mengatakan hasil ini sangat dinanti oleh masyarakat banjarmasin, dan masyarakat jugas sudah terlalu lama hasil ini.

“Mudah-mudahan proses yang berjalan sampai detik ini memberikan hasil yang terbaik untuk Banjarmasin kedepan,” harapnya.

Ia juga bersyukur dengan PSU yang dilakukan di tiga Kelurahan di Banjarmasin Selatan ini, lantaran peningkaran Partisipasi pemilih sangat meningkat.

“Satuhal yang kita syukuri juga partisipasi pemilih meningkat, dan ini diluar prediksi. Tingkat partisipasi pemilih meningkar menjadi 67 persen, paling tidak menambah legitimasi bahwa pilkada banjarmasin terlaksana dengan baik,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran

To Top