HSU

HSU Tuai Banyak Pujian Dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Kalsel Dalam Penanganan Stunting

AMUNTAI, klikkalsel.com – Sejak ditetapkannya Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)pada tahun 2018, dalam 100 Kabupaten Lokasi Khusus atau Locus Pencegahan dan Penanganan Stunting yang ditetapkan oleh hasil Rapat Koordinasi Wapres RI. Sejak itulah berbagai upaya pencegahan risiko dan penurunan angka stunting terus dilakukan.
Banyak Hasil yang telah dicapai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSU dalam Percepatan Penanganan Stunting ini, menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013 menunjukkan angka stunting di Kabupaten HSU sebesar 56%, namun dengan upaya yang sungguh-sungguh dan komitmen bersama angka ini dapat ditekan menjadi 23% pada tahun 2019.
Hal ini juga menunjukkan keberhasilan yang cukup besar didapatkan Kabupaten HSU, oleh karenanya HSU menuai banyak pujian dari Pemerintah Pusat dalam penanganan Stunting ini. Sebelumnya, dalam rangka penanganan stunting dari Panglima TNI juga memberikan apresiasi dan datang langsung ke Kabupaten HSU pada 1 Mei 2018.
Baca Juga : Geger Penemuan Sosok Bayi Perempuan di Samping Kandang Ayam Dengan Tali Pusar Masih Menempel
Kemajuan terus ditunjukkan hingga Kabupaten HSU mendapat banyak pujian pada rembuk stunting tahun 2020 ini, yang digelar melalui Video Conference (Vicon) dengan tema “Dengan Rembuk Stunting Cegah Stunting untuk Generasi Menuju HSU MANTAP” yang dihadiri Bupati dan Wakil Bupati HSU, Ketua DPRD Kabupaten HSU, Sekretaris Daerah Kabupaten HSU, Ketua TP PKK Kabupaten HSU, Kepala SKPD, Camat dan Kepala Desa yang mengikuti kegiatan secara virtual, di Mess Negara Dipa Amuntai.
Seperti halnya yang disampaikan Rima Suharin dari Direktorat Jenderal Bidang Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bangda Kemendagri) RI menyampaikan apresiasi untuk Kabupaten HSU, dari data aksi konvergensi yang dilaksanakan tahun 2019 HSU dapat menuntaskan seluruh aksi kegiatan Konvergensi Percepatan Penanganan Stunting di HSU.
“Dirinya berharap dengan kerja keras dan kesungguhan ini semoga penurunan penurunan angka Stunting di Kabupaten HSU bisa ke titik 0% dan menjadi juara di tahun 2020,” ujarnya.
Pujian juga disampaikan Yuyun dari Local Government Capacity Building For Acceleration Of Stunting Reduction (LGCB-ASR) Pusat terhadap penurunan drastis prevalensi yang turun drastis di HSU, hal ini berkat kerjasama semua pihak.
“Nantinya kami akan mengundang Bupati HSU untuk menjadi pemateri pada Workshop yang akan dilaksanakan LGCB ASR Pusat tentang Percepatan Pencegahan dan Penurunan Stunting ini,” ungkapnya.
Baca Juga : Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Mengapung di Sungai Barito
Tak ketinggalan Tenaga Ahli Iney LGCB ASR Regional 4 Iskandar Munir juga mengapresiasi dukungan kebijakan Pemkab HSU, dalam merumuskah langkah penuntasan stunting di Kabupaten HSU.
“Kebijakan ini tentunya tidak dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kerjasama yang terintegrasi dari seluruh SKPD yang terkait dalam penanganan stunting ini, untuk itulah pentingnya komunikasi sebagai kunci kesuksesan dalam menyelesaikan program kerja yang dijalankan,” katanya.
Terakhir apresiasi juga di sampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Nurul Fajar Desira menyampaikan, untuk penanganan stunting di Kalsel, Kabupaten HSU adalah yang paling depan, namun Fajar tetap mengingatkan agar tidak berpuas hati, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, mengingat HSU masih berada di angka 31 dari 100 Kabupaten yang di tetapkan oleh Riskesdas.
“Kedepannya Bappeda Provinsi Kalsel siap mendukung Kabupaten HSU untuk mencapai angka yang lebih baik. Bahkan Penanganan percepatan penurunan stunting Kabupaten HSU juga pernah mendapatkan apresiasi dari Panglima TNI, pada saat gelaran pencanangan TMKK Tingkat Nasional tahun 2018 di Kabupaten HSU,” tukasnya.
Di akhir kegiatan dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama Percepatan Pencegahan dan Penurunan Stunting Kabupaten HSU yang diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati HSU, Ketua DPRD Kabupaten HSU, Sekretaris Daerah Kabupaten HSU, Ketua TP PKK Kabupaten HSU, serta instansi terkait. (doni)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top