Banjarmasin

Heboh, Temuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Komisioner Bawaslu RI Langsung Bereaksi

BANJARMASIN, klikkalsel – Temuan surat suara pemilu yang telah tercoblos di Selangor, Malaysia, dan bukti video beredar viral di media sosial, Rabu (11/4/2019).

Spontan itu menuai riuh perbincangan elemen masyarakat. Di Banjarmasin, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengatakan suara tercoblos yang ditemukan petugas Panwaslu di sebuah roko di Selanggor, Malaysia, terbungkus dalam puluhan karung, diduga surat suara yang distribusikan pelalu POS Indonesia ke Malaysia.

Saat ini Bawaslu RI tengah menyelidiki keaslian surat suara tercoblos itu, apakah merupakan hasil cetakan KPU RI.

“Atas indikasi temuan ini, maka POS diindikasikan medianya,” jelas dia kepada awak media di sela agenda rapat kerja teknis sistem informasi penyelesaian sengketa di Ball Room Hotel Nasa, Kamis (11/4/2019) pukul 18:20 WITA.

Atas temuan itu, ia menginstruksikan jajaran Bawaslu Kalsel hingga tingkat 13 kabupaten/kota. Agar memperketat pengawasan, terlebih saat ini distribusi surat suara sudah mulai disalurkan ke kecamatan.

“Di daerah surat suara logistik pemilu, sudah terdistribusi kepada TPS yang ada pada H min satu. Kemudian surat suara sama dengan DPT dan DPK, itu yang kita harapkan di seluruh Republik Indonesia, khususnya Kalimantam Selatan,” paparnya

Namun, ia juga meminta masyarakat tidak terpengaruh infomasi yang memprovokasi. Dia juga berharap masyarakat tetap menaruh kepercayaan terhadap penyelenggara pemilu, Bawaslu dan KPU.

“Diharapkan masyarakat pada 17 April memilih di TPS, dan beberapa rencana penanggulangan permasalahan di Malaysia,” tandasnya.(rizqon)

Editor : Farid

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top