Advertorial

Hasil Survei Elektabilitas : SHM-MAR Unggul 85,8 Persen

BATULICIN, klikkalsel.com – Hasil survei elektabilitas yang dirilis Kalsel Research Center, Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Syafruddin H Maming atau Cuncung dan M Alpiya Rakhman (SHM-MAR) unggul mutlak dari dua Paslon lainnya, yakni Zairullah-M Rusli dan Mila Karmila-Zainal Arifin.

Dari survei tersebut, kakak Mardani H Maming (MHM) yang berpasangan dengan Alpiya tersebut, meraup 1.101 suara atau 85,8 persen pemilih.

Sementara duet Zairullah-Rusli mendapatkan 139 pemilih atau 10,9 persen. Sedangkan Mila-Zainal hanya mengoleksi 43 suara atau 3,4 persen.

Direktur Kalsel Research Center, Anwar Chalid mengatakan, hasil polling tersebut merupakan cerminan dari mimpi masyarakat Tanbu terhadap pemimpin yang diharapkan dapat menghadirkan kesejahteraan.

“Pasangan SHM-MAR dinilai paling kuat sampai akar rumput karena rekam jejak yang baik. Syafruddin yang merupakan Mantan Anggota DPR RI, dan Alpiya adalah Mantan Wakil Ketua DPRD Tanbu,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Media, Sabtu (25/9/2020).

Berdasarkan hasil polling ini, pasangan milenial yang mengusung jargon “Bersama Rakyat Kita Menang” diprediksi akan memenangkan hajatan besar lima tahunan tersebut.

Sebelumnya Syafruddin yang akrab disapa Cuncung tersebut sempat menyampaikan rasa syukurnya kepada masyarakat Tanbu yang mendukung dirinya bersama Alpiya untuk terus maju sampai hari pemilihan.

Ketua Yayasan Haji Maming ini juga mengatakan SHM-MAR akan terus mengupayakan kesejahteraan bagi masyarakat Tanbu dengan melanjutkan program Tri Dharma Pembangunan.

“Program Tri Dharma Pembangunan yang merupakan program unggulan Mardani H. Maming yang merupakan adik dari Bapak Cuncung selama dua periode menjabat sebagai Bupati Tanbu ini akan dilanjutkan oleh SHM-MAR dengan menaruh fokus serta prioritas pada 3 sektor yaitu pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur,” imbuhnya.

Sebagai informasi, potret peta politik kontestasi Pilkada Tanbu didominasi oleh pertarungan antar dua trah atau keluarga. SHM-MAR merupakan duet anak dan cucu Pambakal Tuha atau sebutan bagi tokoh kepala desa yang dihormati.

Cuncung sebelumnya adalah anggota DPR RI dari Fraksi PDIP. Ia tergerak maju dalam Pilkada 2020 untuk meneruskan hasil kerja adiknya yaitu Mardani H Maming, mantan bupati yang sukses membangun Tanah Bumbu selama dua periode.

Mardani H Maming pernah menjadi bupati termuda di Indonesia saat terpilih dalam Pilkada Tanah Bumbu 2010 lalu. Selama dua periode memimpin, hingga mengundurkan diri pada 2017 lalu, Mardani sukses membangun kampung halamannya terutama bidang infrastruktur jalan dan jembatan, pendidikan serta kesehatan.

Dalam Pilkada 2020 ini, SHM-MAR akan melawan Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa dan mantan Bupati Tanbu periode 2005-2010 Zairullah Azhar bersama Muhammad Rusli yang merupakan kakak dari pengusaha di Kabupaten Tanah Bumbu yaitu Andi Syamsuddin Arsyad atau akrab disapa Haji Isam (HI)

Sementara itu, paslon independen Mila Karmila-Zainal Arifin dinilai kurang mendominasi dalam Pilkada 2020.

Diketahui SHM merupakan kakak dari Mardani H. Maming, Mantan Bupati Tanbu 2 periode, sempat dinobatkan sebagai Bupati Termuda se Indonesia saat dilantik pada 2010 silam. Mardani H. Maming (MHM) dianggap cukup sukses membangun Tanbu dengan program Tri Dharma Pembangunan yang hasilnya hingga sekarang dinikmati masyarakat terutama di bidang infrastuktur jalan yang menghubungkan antar desa, desa ke kecamatan dan kecamatan ke ibukota kabupaten.

Bukti keberhasilan MHM ini menjadikan tak sedikit warga Tanbu berharap dapat dilanjutkan oleh Cuncung yang maju sebagai Kandidat Bupati. Harapan masyarakat agar perkembangan dan kemajuan Tanbu terus berlanjut oleh Pasangan Kandidat Kepala Daerah yakni SHM-MAR yang berasal dari Klan Pembakal atau Kepala Desa; Cuncung anak Pembakal, sedangkan Alpiya cucu Kepala Desa. (rils)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top