Balangan

HAS Ingin Balangan Menjadi Daerah Swasembada Daging

H Abdul Hadi dan H Supiani

PARINGIN, Klikkalsel.com – Salah satu keinginan Paslon H Abdul Hadi dan H Supiani (HAS), afalah menjadikan Kabupaten Balangan Daerah yang dapat swasembada daging dengan menambah jumlah populasi hewan pedaging.

Jika melihat dari geografis, Balangan memiliki cukup banyak daerah yang dapat dimanfaatkan menjadi tempat peternakan baik lokasi maupun ketersediaan pakan hewan seperti, sapi, kambing dan kerbau, tidak heran jika HAS memiliki keinginan tersebut.

Seperti yang diutarakan H Abdul Hadi, Balangan memiliki potensi besar terhadap hal tersebut, selain menjadikan Bumi Sanggam penghasil daging tentu saja ini akan menjadi salah satu media penyerapan tenaga kerja.

“Kita akan menambah jumlah populasi Hewan seperti sapi, kambing dan kerbau untuk menjadikan Balangan Daerah penghasil daging,” ujarnya

Menurut beliau jumlah populasi hewan-hewan tersebut saat ini masih kurang, jika Kabupaten Balangan kedepan menginginkan swasembada daging dan setidaknya dapat memenuhi kebutuhan Daerah sendiri.

Menurut data yang di rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2020, saat ini jumlah populasi hewan pedaging di Kabupaten Balangan masih terbilang kecil hanya menempati peringkat ke 11 diantara 13 Kabupaten Kota di Kalsel, yang terdiri dari 1920 ekor sapi potong, 6 ekor kerbau, 620 ekor kambing dan tidak memiliki seekor pun sapi perah.

“Kita perlu upaya nyata untuk mewujudkan hal itu, kedepan di kepemimpinan HAS jumlah tersebut kita tambah sehingga dapat mewujudkan swasembada daging,” sambung H Abdul Hadi

Dengan menggeliatnya populasi hewan ternak tersebut tentunya akan membuka lagi lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kabupaten Balangan.(wawan)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top