Hari Pahlawan Jadi Spirit Bagi Generasi Penerus

Peringatan Hari Pahlawan di Peringati di Tugu 9 November dikawasan Pengambangan (foto : azka/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel.com- Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. Hari ini di seluruh penjuru Indonesia memperingati jasa-jasa para pejuang yang telah memerdekakan negeri ini.

Di Banjarmasin peringatan Hari Pahlawan diperingati di dua tempat. Pertama terletak di Jalan DI Panjaitan, sebuah prasasti 9 November dan di kawasan Tugu 9 November yang terletak di Kelurahan Pengambangan Banjarmasin Timur.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, mengatakan, peringatan Hari Pahlawan memang sengaja diselenggarakan, disamping untuk memperingati pahlawan nasional, tujuannya untuk memperingati pahlawan dari Kalsel khususnya Banjarmasin.

“9 November 1945 itu peristiwa yang sangat bersejarah dimana bagi perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan. Karena itu, sebagai warga Kota Banjarmasin hendaknya bisa mengambil spirit dalam rangka membangun kota,” pesannya, Minggu (10/11/2019).

Ditambahkannya pula, spirit tersebut hendaknnya menjadi pelajaran yang beharga hingga generasi penerus yakni generasi muda bisa mengambil contoh dari pendahulunnya terlebih dalam pembangunan kota Banjarmasin.

“Rencananya pemerintah Kota Banjarmasin akan membebaskan para keluarga pejuang yang gugur terhadap PBB,”ucap Ibnu.

Dalam Peringatan Hari Pahlawan di Tugu 9 Nopember dilakukan apel oleh segenap jajaran dan tabur bunga.(azka)

Editor : Amran