Sabtu, September 25, 2021

Harga Tinggi, Tunda Pembangunan Jembatan Alalak

BANJARMASIN, klikkalsel – Pembebasan lahan terkendala warga yang inginkan harga tinggi dan membuat pembangunan Jembatan Alalak masih tertunda. Meskipun demikian, Balai dan PUPR desak Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) berusaha segera menyelesaikan pembebasan lahan.

Kepala Dinas Perkim, Achmad Fanani mengungkapkan, Minggu lalu pihaknya telah menyampaikan kepada Masyarakat terkait pembebasan lahan yang akan dilakukan Pemko Banjarmasin demi kelancaran pembangunan jembatan Alalak tersebut.

Namun dari penyampaian awal tersebut, warga sekitar yang rumahnya terkena pembebasan lahan masih menolak dan belum menyetujui harga yang diberikan Pemko Banjarmasin.

“Kita sudah menyampaikan kepada masyarakat minggu kemaren, tetapi mereka masih belum bisa menerima karena belum cocok angkanya, dan itu hal biasa kalau dalam penyampaian pertama,” ucap Fanani.

Setelah penyampaian awal tersebut dalam minggu-minggu ini Perkim bersama dengan tim pertanahan akan kembali melakukan rapat internal untuk kembali melakukan penyampaian kepada warga.

“Setelah Rapat Internal itu kita akan kembali bernegoisasi dengan masyarakat dan terus bernegoisasi sampai mendapatkan titik temu. Karena makin cepat semakin bagus,” tuturnya, Jumat (25/10/2018).

Fanani juga mengutarakan ada sekitar 40 persil lahan yang akan di bebaskan, namun pihaknya akan terus melakukan survey untuk menentukan kepastian berapa pastinya yang akan dibebaskan lahannya.

“Awalnya 40 persil, tapi kita akan lihat lagi, kalau misalnya dari 40 tersebut tidak terkena secara signifikan kita bisa mengurangi. Karena persil itu juga memakan biaya, dan juga pihak Balai mengharapkan kita untuk mempercepat, agar pembangunan segera dilaksanakan,” tandas Fanani.

Pembangunan Jembatan yang menghubungkan dua Kabupaten/Kota tersebut memakan anggaran sebesar Rp. 36 Miliar. Dimana dana awal sebesar Rp. 21 Miliar sudah masuk dalam anggaran PUPR dan pada APBD perubahan sebesar Rp. 15 Miliar kembali ditambahkan Kepada Dinas Perkim untuk persiapan pembangunan jembatan Alalak. (fachrul)

Editor : Elo Syarif

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan