Harga Ayam Ras dan Komoditas Pangan Mulai Normal

Harga pangan kembali normal. (dok/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Sempat naik hingga mencapai Rp40 ribu per kilogram di penghujung hingga akhir 2018, namun harga ayam ras mulai berangsur normal, demikian pula harga komoditas pangan lainnya sejak penghujung Januari 2019.

Pantauan klikklasel, Kamis (31/1/2019) di sejumlah Pasar tradisional, seperti Pasar Sentra Antasari dan Pasar Lama Banjarmasin, harga ayam ras/berada pada kisaran Rp20 ribu untuk ukuran kecil, Rp25 ribu ukuran sedang, Rp32 ribu sampai Rp34 ribu. Sedangkan untuk ukuran besar dan Rp40 ribu per ekor untuk ukuran paling besar.

Harga ini mengalami penurunan sekitar Rp2 ribu dibanding beberapa hari sebelumnya, yang dibanrol Rp22 ribu – Rp24 ribu per ekor untuk ukuran kecil.

Walau mengalami sedikit penurunan harga, jumlah persediaan ayam segar saat ini terbilang cukup.

Begitu pula dengan telur ayam ras relatif stabil, dengan harga Rp25 ribu hingga Rp27 rihu per kilogram atau berada pada kisaran harga mulai dari Rp1.500 hingga Rp1.800 per butir.

Harga cabe juga ikut normal dengan kisaran Rp28 ribu– Rp30 ribu per kilogram untuk cabe merah besar. Lalu Rp18 ribu – Rp20 ribu untuk cabe hijau besar.

Hanya cabe rawit Banjar yang harganya masih agak tinggi atau ada sedikit kenaikan, yaitu dari Rp60 ribu menjadi Rp75 ribu per kilogram, cabe rawit hijau Rp17.778, Rawit Taji, dan Tiung masing masing berada di harga Rp 32.222 dan Rp33.111 per kilogram.

Begitu pula dengan harga bawang merah berangsur turun, dari Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp20 ribu. Sedangkan bawang putih relatif stabil pada kisaran Rp19 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram.

Begitu juga dengan harga beras lokal seperti Mutiara, Siam Unus, Siam Tanggung, Siam Biasa dan beras Sihirang/Ganal juga masih berada di harga yang normal, yakni Rp8 ribu hingga Rp13.750 per kilo.

Imay, salah seorang pedagang di kawasan Pasar Lama mengatakan, dengan harga yang relatif stabil tersebut penjualan barang dagangannya juga mengalami keuntungan.

“Jika harga terus seperti ini pelanggan senang saya riang,” katanya sambil tersenyum. (azka)

Editor : Farid