Banjarmasin

Hanya 14 PTS di Kalsel Memenuhi Akreditasi Institusi

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Dari 45 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kalimantan Selatan hanya 14 yang memenuhi akreditasi institusinnya. Padahal, akreditasi dalam PTS sangatlah penting untuk mengetahui komitmen institusi terhadap penyelenggaraan akademik dan manajemen institusi.

Hal tersebut dikatakan Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI kalimantan Prof H Udiansyah ketika ditemui usai menghadiri Wisuda Sarjana Politeknik Unggulan kalimantan, Kamis (17/9/2020).

“Akreditasi merupakan sebuah proses evaluasi dan penilaian secara keseluruhan berdasarkan kewajiban perguruan tinggi terhadap kualitas dan kapabilitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan program yang memadai atau yang standar,” katannya.

Dijelaskannya dari 45 perguruan tinggi di Kalsel dan 14 yang telah akreditasi, sisanya masih dalam proses akreditasi. “Sejumlah PTS masih menyiapkan sejumlah berkas dan persyaratan,”ucapnya.

Udiansyah juga mengatakan, dalam sebuah PTS sumber daya Manusia (SDM) adalah sangat penting, seperti para dosen pengajarnnya harus memiliki kualitas, jika bicara kualitas artinnya perlu ada peningkatan sepeti peningkatan mutu pendidikan misal melanjutkan pendidikan kejenjang berikutnnya.

“Jika ingin berkualitas tentunnya dosen pengajarnnya haru lebih baik dan jika ingin baik perlu dosennya untuk disekolahkan lagi, tentunya dibantu dalam pembiayaannya ” katannya.

Ia juga berharap kepada pemerintah Provinsi Kalsel agar bisa memberikan bantuan kepada para dosen yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnnya.

”Jika meminta bantuan untuk sarana gedung perkuliahan nanti saja dulu, namun jika dosen ingin dibantu untuk sekolah, tolong dibantu,” ucap Udiansyah.(azka)

Editor : Amran

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top