Hadiri Rakornas Kewaspadaan Nasional, Rahmadi : Pemilu Aman Lewat Peran Serta Tokoh Agama

Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor (pakaian batik) saat menghadiiri rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bidang kewaspadaan nasional dalam rangka pemantapan penyelenggaraan Pemilu 2019, di Balroom Hotel Grand Paragon, Jakarta. (foto : istimewa)

JAKARTA, klikkalsel- Wakil Bupati Barito Kuala H Rahmadian Noor menghadiri Rapat koordinasi nasional (Rakornas) bidang kewaspadaan nasional, dalam rangka pemantapan penyelenggaraan Pemilu 2019 bertempat di Balroom Hotel Grand Paragon, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Rakornas tersebut dibuka langsung oleh Mekopolhukam, Wiranto secara langsung membuka Rakornas yang dihadiri 2.500 peserta.

Terkhusus peserta dari regional tengah Indonesia yang terdiri dari eleman Forkopimda provinsi dan kabupaten/kota, kaban/kakan Kesbangplol provinsi, kabupaten/kota serta penyelenggara Pemilu.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Sudarmo mengutarakan, perihal menjaga NKRI dalam acara yang mengusung tema Pilihan Boleh Beda, Persatuan dan Kesatuan Bangsa Harus Kita Jaga.

Menurutnya, pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi dan jalan untuk mendapatkan legitimasi bagi sebuah pemerintahan.

“Pemilu ini harus dilaksanakan sesuai dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Agar menjamin itu, maka perlu satu sinergisitas seluruh pemangku kepentingan yang terlibat secara langsung,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor mengatakan, pelaksanaan pemilu di Batola diyakni akan belangsung aman dan damai.

Meski, secara teritorial luasan wilayah Batola cukup sulit di akses, salah satunyaKecamatan Kuripan yang belum ada fasilitas jalur darat. Saat ini, satu-satunya akses melalui jalur sungai yang memakan waktu jarak tempuh sekitar dau jam.

“Kita sudah melakuan konsildasi bersama Polres Batola, Kodim Marabahan, KPU dan Bawaslu. Peran serta Kesbangpol memberikan pemahaman agar tak ada gesekan,” tutur H Rahmadian Noor kepada Klikkalsel.com melalui dawainya, Kamis (28/3/2019).

Mantan anggota DPRD Kabupaten yang berjuluk Bumi Selidah tersebut, menambahkan peran tokoh agama sangat penting. Guna terciptanya pemilu aman dan damai.

“Kita harapkan peran tokoh agama sangat penting. Di momentum isra mi’raj ini bertepatan masa kampanye peserta pemilu. kita minta bantu tokoh agama menghimbau pemilu damai dan aman di tengah ceramah,” pungkas Wakil Bupati Barito Kuala H Rahmadian Noor.(rizqon)

Editor : Alfarabi