Banjarmasin

Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19, RSUD Sultan Suriansyah Siap Optimalkan Ruangan Hingga 125 Tempat Tidur

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Kasus Covid-19 di Banjarmasin kian hari terus meningkat. Hingga hari ini sudah ada sebanyak 708 kasus Covid-19 aktif di Kota Banjarmasin.

Dengan tingginya kasus tersebut, rupanya pemko Banjarmasin sudah berancang-ancang untuk menambahkan Bed atau tempat tidur di Rumah Sakit di Banjarmasin.

Terpantau di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin, hingga saat ini dari total ketersediaan bed 50 untuk menampung pasien Covid-19, sudah terisi sebanyak 43 pasien Covid-19.

Baca Juga : Status PPKM Saat Ini Masih Level II

Namun di ruang isolasi tersebut masih diperlukan banyak sarana prasarana penunjang. Misalnya tiang infus, regulator, fasilitas MCK, hingga tambahan daya listrik di rumah sakit.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina yang juga turut memantau pelayanan RSUD Sultan Suriansyah, menilai, persiapan di rumah sakit tersebut sudah mencapai 90 persen. Artinya, bila terjadi lonjakan pasien, rumah sakit siap menghadapinya.

“Bila lantai II dan lantai III rumah sakit dioptimalkan, bisa saja mampu menampung sebanyak 125 tempat tidur,” ucapnya.

Senada dengan Ibnu Sina, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan bahwa kapasitas rumah sakit tersebut bisa dimaksimalkan hingga 125 tempat tidur.

“Kami targetkan segitu. Tapi penambahan akan dilakukan secara bertahap,” terangnya.

Di sisi lain, seiring dengan disiapkannya sejumlah tempat tidur di rumah sakit, pihaknya juga mulai membuka perekrutan tenaga kesehatan. Baik itu dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan yang lain.

“Kalau cuma ruangan dan tempat tidur saja yang disediakan, tapi tidak ada yang mengoperasikannya ya tidak mungkin,” tandasnya. (fachrul)

Editor : Akhmad

To Top