Banjar

Habib Abdul Qodir Rangkul Pemuda Dirikan Dapur Umum Tanggap Banjir di Majelisnya

MARTAPURA, klikkalsel.com – Habib Abdul Qodir Bin Habib Thoha Ba’Agil pengisi Majelis Jam’iyyah Qolbun Salim berinisiatif menjadi tempat majelisnya dijadikan dapur umum peduli banjir di Komplek Asdi Karya, Jalan Ahmad Yani KM 7, Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar. Inisiasi itu bermula tak adanya dapur umum di pemukiman tersebut untuk warga terdampak banjir.

Sejak 20 Januari lalu, dapur umum ini didirikan Habib Abdul Qodir. Para jemaah majelis berkolaborasi bersama sejumlah kalangan organisasi kepemudaan antara lain perwakilan Anshor Banser Kalsel, Pemuda Pancasila Kalsel, Karang Taruna Kalsel, AMPI, dan Majelis Sholawat Mahabbah, Pencak Silat NU Pagar Nusa Kalsel, MKGR dan PMI Banjarmasin, menyediakan kebutuhan makan warga terdampak banjir tiga kali sehari.

“Ini pemuda yang terorganisir, saya lebih berpikir dengan adanya pasukan sebanyak ini akan lebih ber-organisir kepada yang lain. Di sini lah, kami juga mengharapkan pemuda yang lain juga bersama-sama membantu saudara kita yang terdampak,” tutur Habib Abdul Qodir kepada klikkalsel.com, Rabu (27/1/2021)

Pendistribusian makanan meliputi beberapa desa di kecamatan terdampak banjir diantaranya Sungai Tabuk, Sungai Lulut Kecamatan Timur, Mandastana, Jejangkit, dan Alalak. Tak lupa, Habib Abdul Qodir menyampaikan terimakasih kepada para donatur yang berpartisipasi membantu sesama yang dilanda bencana.

“Salah satunya yang pertama kita menyerahkan bantuan ke Manarap, bantuan dari Hasnur Centre, logistik yang kami bawakan ke sana. Ada tambahan lagi dari saudara kita dari Angsana, mulai dari pak camat nya pak lurah nya. Jadi barang hari ini masuk, langsung disalurkan dengan cara yang persisi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, tokoh pemuda Kalsel Hasnuryadi Sulaiman turut hadir di dapur umum, bersilaturahmi dengan para relawan dan Habib Abdul Qodir. Anggota DPR RI ini mengapresiasi solidaritas para relawan di Kalsel yang antusias dan tanggap membantu warga terdampak banjir.

“Semoga ini menjadi memotivasi pemuda saling berkoordinasi dan membangun sinergi ikatan membatu program pemerintah, khusus saat penanggulangan bencana,” tandasnya. (rizqon)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top