Religi  

H-1 Haul Datu Kelampayan, Kubah Dipenuhi Jemaah

Para jemaah yang berziarah ke makam Datu Kelampayan

MARTAPURA, klikkalsel.com – Jelang peringatan Haul Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kelampayan) ke-218, makam di kawasan jalan Syekh Moh. Arsyad Albanjari, Kalampayan, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, mulai dipadati para jemaah.

Pantauan di lapangan Minggu 14 April 2024, para jemaah yang datang tak hanya dari daerah Kalsel, bahkan para jemaah ada yang dari luar daerah seperti Kaltim, Kalteng hingga pulau Jawa.

Salah seorang relawan haul Rahman mengatakan, peringatan Haul Syekh Arsyad Al-Banjari atau Datu Kelampayan ke-218 yang jatuh pada 15 April 2024 atau 6 Syawal 1445 H akan dilaksanakan di Masjid Tuhfaturroghibin Dalam Pagar, Kabupaten Banjar.

“Insya Allah pelaksanaannya besok sering pagi sekitar jam 09.00 Wita hingga selesai,” katanya, Minggu (14/4/2024).

Baca JugaĀ Ustadz Mohammad Mobarak, Haul Datu Kelampayan Momentum Pertemuan Para Zuriat dan Muhibbin

Baca JugaĀ Teruskan Amanah Keluarga, Hasnur Group Serahkan Bantuan Pelaksanaan Haul ke-218 Datu KelampayanĀ 

Sementara Ketua pelaksana Haul Datu Kelampayan ke-218, H Ahmadi Hamid mengatakan dalam haul tersebut ada 19 dapur umum tersebar di wilayah tersebut.

Ahmadi, melanjutkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor turut memberikan sumbangan sebanyak 100 ekor sapi untuk konsumsi.

ā€œDengan bantuan dari gubernur, dapurĀ umumĀ bertambah dari yang mulanya 19 dapur menjadi 40 dapurĀ umum,ā€ katanya.

Salah seorang peziarah asal Samarinda Fahmi menyebut, haul Datu Kelampayan selalu dihadirinya dalam beberapa tahun.

“Meski puncaknya di kubah namun kami bersama rombongan pasti berziarah ke makam Datu Kalampayan begitu pula bila haul Guru Sekumpul selalu hadir,” katanya. (azka)

Editor : Akhmad