Gubernur Bonceng Bupati Batola

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Bonceng Bupati Batola Hj Noormiliyani, menuju area persawahan di desa Jejangkit Muara, 26/6/2018. (istimewa)

MARABAHAN, klikkalsel – Empat bulan menjelang peringatan Hari Pangan se dunia (HPS) ke-38 pada Oktober mendatang, Pemprov Kalsel bersama Pemkab Batola yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan telah memantapkan persiapan.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Bonceng Bupati Batola Hj Noormiliyani, menuju area persawahan di desa Jejangkit Muara, 26/6/2018. (istimewa)

Guna memastikan kesiapan lokasi acara nasional tersebut, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor terjun langsung ke lapangan. Saat peninjauannya yang melintasi medan tanah, ada hal yang menarik dimana gubernur yang akrab disapa Paman Birin mengendarai kendaraan roda dua jenis matik berboncengan dengan Bupati Batola Hj Noormiliyani menuju Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit, Selasa (26/6/2018).

Gubernur Kalsel yang rutin turun ke desa-desa ini, menaruh harapan besar pada Kabupaten Batola, agar even bersejarah ketahanan pangan Nasional itu akan berlangsung sukses.

“Semua instansi terkait dan elemen masyarakat bergerak cepat dan terukur melaksanakan tahapan semua kegiatan. Ini mengingat sisa waktu empat bulan lagi. Mari kita dukung dan sukeskan kegiatan ini,” ajak Gubernur yang akrap disapa Paman Birin, Usai Penandatangan MoU Semai Perdana dan Pengolahan Tanah Pilot Percontohan Model Pertanian Terpadu HPS 2018.

Paman Birin juga memotivasi pihak terkait, apabila kegiatan ini sukses pemerintah pusat pasti akan menjadikan Kalsel, khususnya Batola sebagai daerah percontohon nasional.

Sementara, Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani menghanturkan terimakasih dan rasa syukurnya atas kepercayaan pemerintah pusat, dan Provinsi Kalsel yang memilih Batola sebagai tuan rumah HPS ke-38.

“Tahun 2018 ini Batola akan melaksanakan kegiatan pilot percontohan model pertanian terpadu dengan peningkatan IP 200 seluas 750 hektar yang dikelola oleh 6 kelompok tani di Desa Jejangkit Muara Kecamatan Jejangkit yang merupakan kebijakan pemerintah dalam membangun pertanian modern di wilayah Batola,” sebut mantan Ketua DPRD Kalsel.

Semai Perdana dan Pengolahan Tanah Pilot Percontohan Model Pertanian Hari Pangan Sedunia, (istimewa)

Dalam peninjauan lokasi, juga dilakukan semai Perdana dan Pengolahan Tanah Pilot Percontohan Model Pertanian Hari Pangan Sedunia (HPS) Terpadu oleh para pejabat terkait di tengah lahan sawah. (rizqon)

Editor : Elo Syarif