Giliran Lapas Teluk Dalam Digeledah Petugas

Satuan Petugas Keamanan dan Ketertiban menggeldah isi kamar dan blok di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin. (foto : baha/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel– Upaya menekan angka peredaran narkoba dan barang terlarang yang beredar di dalam Lembaga pemasyarakatan (Lapas), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum Ham) Kalsel kembali merazia blok kamar tahanan.

Satuan Petugas Keamanan dan Ketertiban menggeldah isi kamar dan blok di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin. (foto : baha/klikkalsel)

Setelah Lapas Marabahan, kini yang menjadi sasaran Satuan Petugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) adalah Lapas Kelas IIA Banjarmasin yang digeledah petugas.

Kegiatan yang dilakukan Kemkum Ham Kalsel ini menyikapi maraknya isu di media terhadap Lapas yang menjadi sorotan publik selama ini. Bahkan, adanya penangkapan oknum petugas Lapas yang terjadi beberapa waktu lalu, dan diduga terlibat peredaran dan pengendalian narkoba di dalam Lapas.

Ketua Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Kantor Wilayah Kemenkum HAM Kalsel, Anas Saeful Anwar mengatakan, kepada anggota Satgas Kamtib Kanwil agar ketika melakukan pemeriksaan dan penggeledahan tetap menghormati hak asasi warga binaan.

Sebab, jelas Anas bahwa targetnya untuk menemukan HP, narkoba dan barang-barang yang dilarang berada di dalam Lapas tanpa harus menimbulkan kegaduhan.

Diketahui, sebanyak 250 petugas dari perwakilan Unit Pelaksana Teknis yang tergabung Satgas Kamtib Kanwil melakukan penggeledahan pada 6 blok di Lapas Banjarmasin yang saat ini dihuni 2.615 warga biniaan.

Bukan hanya blok hunian, namun halaman dan lingkungan didalam Lapas juga diperiksa.

“Program razia gabungan Satgas Kamtib Kanwil ini harus berkelanjutan karena sangat membantu kami dalam mendukung penuh zero halinar (bebas Handphone, pungli dan narkoba) di Lapas Banjarmasin,” ucap Anas, Kamis (8/3/2018) petang.

Sementara, Kepala Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Rudi Charles Gill menyambut baik kegiatan razia ini. Ia juga menilai bahwa razia ini tidak bisa sendiri harus selalu sinergis untuk berkomitmen bersama dalam mewujudkannya.

Hasil dari razia masih ditemukan beberapa buah HP, Kabel Carger, Korek Gas dan barang lain-lain yang dilarang digunakan di Lapas untuk selanjutnya langsung dihancurkan oleh Ketua Satgas Kamtib. (baha)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.