Gepak Desak Bupati HST Isi Kekosongan Jabatan Wakilnya

Pendemo membawa spanduk yang tertulis kalimat "KAMI YAKIN BUPATI KAMI ORANG YANG HEBAT, DAN BERANI, JUGA MEMILIKI KEBIJAKAN SENDIRI,". (foto : ist)

BARABAI, klikkalsel – Puluhan massa yang mengatasnamakan Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (GEPAK) berunjukrasa di depan kantor Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Senin (29/7/2019), sekitar pukul 11.00 WITA

Massa datang mempertanyakan kinerja bupati Akhmad Chairansyah.

Salah satu yang menjadi sorotan pendemo yaitu masalah kekosongan jabatan wakil bupati.

Aksi damai unjukrasa berlangsung di depan kantor Bupati HST itu mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian.

Koordinator lapangan demonsrtasi, Yadi Guntur juga selaku Ketua Pelaksana Harian Gepak HST menegaskan, pihaknya meminta Bupati untuk segera mengisi kekosongan jabatan Wakil Bupati HST.

Menurutnya agar roda pemerintahan kabupaten dapat berjalan normal dan tidak menimbulkan kegaduhan politik.

“Ada semacam kegaduhan politik yang terjadi sebab terkesan bupati dalam tekanan pihak tertentu sehingga masalah pengisian jabatan wakil bupati ini tidak kunjung selesai,” cetusnya.

Para pengunjukrasa juga mendukung Bupati HST untuk fokus bekerja sungguh-sungguh demi kesejahteraan masyarakat tanpa beban dan tekanan pihak tertentu.

Pihaknya juga meminta Bupati memutus mata rantai korupsi di HST dengn tidak melakukan pengaturan proyek hanya untuk kelompok tertentu saja. Serta tidak melakukan jual beli jabatan dalam pengisian jabatan maupun mutasi pegawai di lingkungan Pemkab HST.

Perwakilan pengunjukrasa sempat berdialog dengan Bupati HST Akhmad Chairansyah yang didampingi sejumlah pejabat daerah setempat. Kepada pendemo, bupati meminta agar tidak melakukan aksi unjukrasa karena ditakutkan akan menyebabkan kegaduhan di tengah masyarakat.

Sebelumnya, LSM Kelompok Pemerhati Kinerja Aparatur Pemerintah dan Parlemen KPK-APP mengancam akan berunjukrasa jika polemik pengisian jabatan wakil bupati HST ini tidak kunjung selesai.

Sementara itu, untuk diketahui Bupati HST saat ini Akhmad Chairansyah adalah Wakil Bupati yang menggantikan Bupati terdahulu Abdul Latif yang tersandung kasus suap proyek dan terkena OTT oleh KPK, 2017 lalu. Akhmad Chairansyah dilantik menjadi Bupati HST pada Maret tadi, berdasarkan Surat Keputusan Kemendagri Nomor 131.63-277 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Bupati dan Pemberhentian Wakil Bupti HST. (rizqon)

Editor : Farid