Gelar Kontes Kambing, Upaya Banjarbaru Menjadi Pusat Ternak Unggulan

BANJARBARU, Klikkalsel.com – Pemerintah Kota Baanjarbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), menyelenggarakan Kontes Ternak Kambing se-Kalimantan dalam rangka memperebutkan Piala Wali Kota Banjarbaru dengan tema “Meningkatkan Konsumsi Daging untuk Mencegah Stunting”. Kontes ini berlangsung di Jalan Abadi III, Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin.

Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin, secara resmi membuka kontes kambing tersebut pada Sabtu pagi (02/03/2024), yang mana Acara ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Banjarbaru yang ke-25.

Dengan adanya kontes kambing ini, Aditya ingin Kota Banjarbaru dapat menjadi daerah penyedia ternak, terutama di wilayah Kalimantan Selatan, mengingat permintaan terus meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga Membangun Karakter Positif Remaja Banjarbaru Melalui Pesantren Ramadan

Baca Juga Hasil Riset LSPP Pilwali Banjarmasin 2024, Mukhyar Mendapatkan Responden Terbanyak

Melalui kontes ini juga diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam meningkatkan populasi dan produksi ternak, serta mendapatkan bibit ternak kambing yang berkualitas.

“Banjarbaru didorong menjadi daerah penyedia ternak kambing, tahun 2023 ada sekitar 13 ribu kambing yang masuk ke Kota Banjarbaru. Itu artinya kesempatan yang baik, untuk pelaku usaha berusaha dibidang peternakan, terutama kambing,” jelasnya.

Tambahnya, ia juga berharap kontes ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh semua pihak untuk meningkatkan potensi peternakan di Kota Banjarbaru, sehingga dapat berperan dalam kemajuan ekonomi masyarakat.

“Walau lahan sedikit bisa dikelola dengan baik, agar menghasilkan ternak dengan kualitas terbaik. Potensinya sangat baik dan sangat besar untuk kemajuan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala DKP3 Kota Banjarbaru, Abu Yazid Bustami mengatakan, program RT Mandiri yang merupakan salah satu program andalan dari Wali Kota Banjarbaru, telah mencapai kesuksesan yang signifikan. Program tersebut dapat menjadi simbol atau ikon bagi keberhasilan sektor peternakan di Kota Banjarbaru.

“Program RT Mandiri yang menjadi program unggulan Wali Kota Banjarbaru sangat berhasil dan diharapkan bisa menjadi ikon peternakan di Banjarbabru,” katanya.

Pada kontes tahun ini, terdapat ratusan kambing yang terdaftar sebagai peserta, berasal tidak hanya dari Banjarbaru, tetapi juga dari seluruh Kalimantan. Mereka bersaing untuk memperebutkan hadiah dengan total Rp 37 juta, dengan tujuh kategori lomba yang dapat diikuti oleh peserta, dengan lima nominasi juara yang diperebutkan. (Restu/Adv)