Gangguan Stasiun AQMS, ISPU Sengaja Dinonaktifkan

Indeks Standart Pencemar Udara (ISPU) selama ini digunakan untuk mendeteksi kadar pencemaran udara, sengaja dinonaktifkan karena ada gangguan.(foto : fachrul/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel- Layar Indikator Indeks Standart Pencemar Udara (ISPU) yang berada di Jalan Lambung Mangkurat, tepatnya di depan Hutan Kota, dalam beberapa pekan terakhir tidak lagi bekerja.

ISPU yang selama ini di gunakan untuk mendeteksi kadar pencemaran udara tersebut mengalami gangguan teknis di Air Quality Monitoring System (AQMS), sehingga tidak bisa menampilkan ISPU yang jelas.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Banjarmasin Mukhyar kepada klikkalsel.com.

“ISPU lagi ada gangguan di stasiun AQMS, Jadi sengaja kita matikan,” ucapnya, Selasa (12/2/2019).

Namun ditambahkannya, gangguan teknis tersebut saat ini sudah masuk dalam tahap perbaikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Karena terintegrasi ke pemerintah pusat, jadi ini penanganannya sudah dilakukan KLHK,” tutur Mukhyar.

Sementara itu, berkaitan dengan tenggang waktu perbaikan, Mukhyar tidak berani memastikan kapan ISPU tersebut bisa dioperasikan kembali.

“Itu semua tanggung jawabnya di KLHK kita hanya kebagian penempatan perbaikannya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera bisa selesai dan digunakan kembali,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Alfarabi