Minggu, Oktober 17, 2021

Gamas Indihome di Sungai Andai, GM Telkom Kalsel: Stop Vandalisme, Kabel Telkom Bukan Dari Tembaga

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Gangguan masal (Gamas) akibat pulihnya kabel bawah laut Jawa-Sumatera-Kalimantan (Jasuka) milik Telkom sempat membuat masyarakat kehilangan layanan internet Indihome dan Telkomsel.

Meski sempat berangsur pulih setelah adanya progres perbaikan yang dilakukan oleh PT Telkom, Gamas kembali terjadi.

Meski tidak berdampak luas seperti sebelumnya, Gamas ini menyebabkan sebagian pengguna layanan Indihome di sebagian kawasan Banua Anyar dan Sungai Andai tidak dapat menikmati layanan internet Indihome hampir 24 jam.

Baca juga: Moge Bebas Melintas Diatas Jembatan Alalak Baru, Masyarakat Kecewa

Usut punya usut, Gamas yang terjadi sejak Selasa (21/9/2021) sekitar pukul 19.30 Wita tersebut terjadi akibatnya aksi vandalisme atau diputusnya kabel optik milik Telkom di kawasan Pangeran Hidayatullah Banjarmasin.

Akibatnya kabel optik dengan kapasitas 96 core kabel fiber optik harus dilakukan penyambungan oleh teknisi telkom

Hal tersebut diungkapkan General Manager Witel Kalsel, Arief Yulianto kepada klikkalsel.com, Rabu (22/9/2021).

“Diduga diputus oleh orang yg tidak bertanggung jawab karena menduga kabel tersebut terbuat dari tembaga. Padahal sejak thn 2015 seluruh jaringan kabel tembaga milik Telkom sdh diganti dengan jaringan kabel optik.

Baca juga: Penyelenggara Touring Moge Sudah Diingatkan Kasatlantas Tidak Melintas Jembatan

Untuk itu ia meminta masyarakat pemburu kabel tembaga untuk tidak lagi memotong kabel milik PT Telkom karena dipastikan tidak ada lagi kabel tembaga.

“Apalagi perbuatan itu banyak merugikan masyarakat yang membutuhkan layanan internet seperti untuk mendukung kegiatannya seperti bekerja, belajar daring dan kebutuhan lainnya,” lanjutnya.

“Stop vandalisme, karena sangat merugikan masyarakat,” tegasnya.

Terkait Gamas di kawasan Sungai Andai, ia berharap masyarakat dapat bersabar karena saat ini timnya sedang bekerja untuk menyambung kabel yang terputus tersebut. (david)

Editor: Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan