Frans Sinatra Huwae Support H Iyun, Membawa Sepakbola di Banjarmasin Berada Dilevel Tertinggi

Legenda PS Barito Putera, Frans Sinatra Huwae, yang kini melatih Martapura FC
Legenda PS Barito Putera, Frans Sinatra Huwae, yang kini melatih Martapura FC
BANJARMASIN, klikkalsel.com- Ikatan Keluarga Besar Barito Putera Legend, sebuah organisasi yang diisi para eks punggawa PS Barito Putera untuk membangun sepakbola di Kalsel semakin berkembang dan melahirkan bakat-bakat baru di banua.
Ketua dari Ikatan Keluarga Besar Barito Putera Legend, Frans Sinatra Huwae, mengatakan bahwa, dibentuknya organisasi ini untuk merangkul seluruh legenda dan para pemain yang pernah membela PS Barito Putera untuk saling bersilaturahmi.
Baca juga : Minim Fasilitas, Pesepakbola Banua Sulit Berkembang
“Yang pasti tujuannya mengumpulkan kembali, mantan pemain yang dalam istilah kita sekali keluarga selamanya keluarga,” ujar Pelatih Martapura FC ini, Selasa (7/7/2020).
Organisasi tersebut juga merupakan suatu wadah untuk mengembangkan persepakbolaan di Banjarmasin, agar semakin berkembang dan mampu bersaing di tingkat Nasional.
“Kita juga ingin keberadaan kita ini bisa bermanfaat bagi sepakbola di banua ini,” ujarnya.
Ia juga mengatakan, bahwa hampir 50 persen dari ikatan keluarga besar Barito Putera legend ini merupakan para pelatih yang telah mempunya sertifikasi sebagai pelatih.
“Kebetulan saat ini dari tenaga pelatih kita kan banyak, jadi siap kita sebarkan kemana daerah yang diperlukan, dalam artian kita akan mendukung dan membackup mereka agar ilmu kepelatihan bisa kita kembangkan di daerah mana yang diperlukan,” tuturnya.
Ia mengungkapkan, Ikatan Keluarga blBesar Barito Putera ini, sebelumnya sudah melakukan beberapa kegiatan, terlebih pada masa pandemi ini, mereka para legend telah beberapa kali menggalang aksi sosial, seperti pembagian masker, dan memberikan bantuan sosial bagi warga tidak mampu.
“Kemarin sebelum lebaran kita juga memberikan bantuan, untuk internal kita saja para legenda Barito Putera, yang berada di seluruh Indonesia,” paparnya.
Kedepannya organisasi ini juga akan segera melaksanakan coaching clinik, yang bekerjasama dengan agenda Pemrov Kalsel untuk masyarakat umum, dengan pembicara para legenda PS Barito Putera itu sendiri.
“Ya kita ini seperti gayung bersambut, ketika kita ingin mengadakan kegiatan itu, Gubernur Kalsel, Paman Birin juga meminta kegiatan itu, jadi kami berharap, pada akhir Juli ini bisa laksanakan itu, dan juga untuk mencari solusi dari permasalah sepak bola di setiap daerah di Kalsel,” jelasnya.
Selain itu, ia juga mengatakan, bahwa dengan adanya organisasi ini mereka para legenda Barito Putera ingin mendukung seorang Yuni Abdi Nur Sulaiman (H Iyun) untuk meneruskan langkah dari seorang tokoh sepak bola banua, yakni Alm H Abdussamad Sulaiman HB, yang mana menurutnya hanya beliau lah tokoh yang benar-benar mengangkat sepak bola banua ini ke level yang lebih tinggi.
“H Yuni ini adalah putra dari tokoh sepak bola di Kalsel ini. Bisa dibilang bukan tokoh lagi, tapi dewanya sepak bola, karena sampai sekarang itu terbukti dan berlanjut, nah kebetulan salah seorang putranya ini sebagai orang yang peduli untuk kemajuan sepak bola dan beliau juga satu tujuan untuk mengaktifkan sepak bola di Banjarmasin sudah seharusnya kami mendukung keinginan beliau, bukan sebagai partisipan tetapi kami akan berjuang bersama,” tandasnya.(fachrul)
Editor : Amran