Banjarmasin

Film Pangeran Antasari Ajarkan Tentang Sejarah

BANJARMASIN, klikkalsel- Film berjudul Pangeran Antasari  yang digagas oleh Pemprov melalui Disdikbud Kalsel, akhirnya tayang dan ditonton ribuan pengunjung, Senin (1/1/2018).


Film yang tayang perdana di Studio XXI disaksikan langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor bersama isteri dan keluarga serta beberapa pejabat unsur Muspida, seperti Ketua DPRD Kalsel, Burhanuddin, dan seluruh jajaran SKPD di Pemprov Kalsel.

Pengunjung Studiao XXI Duta Mall usai menonton filmPangeran Antasari berselffy dengan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. (david/klikkalsel)

Gubernur Kalsel yang akrab disapa paman Birin terlibat langsung dalam pembuatan film garapan Iwan Siregar dengan memerankan Utuh Buntat seorang rakyat Kerajaan Banjar.

Sebagai salah satu pemain di film Pangeran Antasari berdurasi 90 menit tersebut, Sahbirin Noor mengakui hanya sebatas peran kecil dan tak lama tampil.

“Iya saya terlibat dalam pembuatan film tersebut, namun hanya sebatas peran kecil, saya tampilnya pun tak lama,” ujarnya.

Film yang diilhami dari Karya Budawan Adjim Arijadi itu mengisahkan perjuangan Pangeran Antasari dalam memotori perjuangan melawan Belanda.

Sementara itu Walikota Banjarmasin, Inbu Sina yang turut menyaksikan film tersebut menyampaikan, ini awal yang bagus untuk memberikan pelajaran sejarah kepada masyarakat.

“Film ini bukan hanya sebuah tontonan tapi juga memiliki nilai edukasi untuk masyarakat agar lebih mengerti dengan nilai-nilai perjuangan,” ucapnya.

Selain itu ditambahkannya ada dua pesan penting yang harus direnungkan oleh kita bersama yaitu Haram Manyarah, Waja Sampai Kaputing dan Jangan Bacakut Papadaan.

“Pesan itu harus kita pegang bersama, apa lagi kita mau Pilkada, apapun pilihan masing-masing, jangan membuat kita bacakut papadaan,” tandasnya.(david)

 

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top