Sabtu, September 25, 2021

Festival Salikur Banjarbaru Dimulai Lagi, Jumlah Peserta Diatas Terget

BANJARBARU, klikkalsel.com -Menyambut malam ke 21 bulan Ramadhan, Festival Salikur Banjarbaru 2021 resmi dimulai dengan tanda pelepasan para dewan juri penilai, Minggu (2/5/2021) malam.

Para dewan juri penilai Festival dilepas secara simbolis oleh Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin dan dihadiri beberapa pejabat Pemko Banjarbaru di depan Balai Kota.

Aditya Mufti Ariffin mengatakan, bahwa dari ratusan RT yang ada di Kota Banjarbaru, ada 55 RT yang terdaftar mengikuti festival yang identik dengan tanglong lampion hias ini.

Namun Aditya Mufti Ariffin mengakui jumlah partisipasi peserta yang mengikuti diatas dari target awal pihaknya saat perencanaan festival, pasalnya informasi yang disampaikan kepada publik satu minggu sebelum Ramadhan.

“Ada 55 RT yang mengikuti, tetapi bukan berarti RT lain itu tidak terlibat ada RT yang terdekat gabung membantu supaya mereka lebih bagus,lebih mewah dan ramai, tapi jumlah peserta ini lebih dari target awal kita,” ucap Aditya Mufti Ariffin, Minggu (2/5/2021) malam.

Aditya Mufti Ariffin melanjutkan, bahwa ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan oleh para dewan juri yang akan berkeling ke tiap RT satu ke RT lainnya yang terdaftar sebagai peserta festival.

Tidak hanya keindahan hiasan lampion, namun para juri juga akan menilai dari segi kebersamaan, kreativitas, dan kebersihan para peserta, serta tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Untuk lomba festival salikur tersebut tidak hanya menghias kampung saja, tetapi juga ada lomba foto sebagai penunjang untuk mengabadikan aktivitas lomba,” terang Aditya.

Ia juga mengatakan, akan di rencanakan acara Fetival Salikur agar masuk dibuku agenda tahunan, dengan tujuan untuk menunjukan Icons wisata budaya religi di Kota Banjarbaru.

“Akan direncakan untuk dimasukkan diagenda tahunan, acara yang direncakan sejak lama tentu tingkat kemeriahanya berbeda, dan juga menujukkan budsa religi di Kota Banjarbaru,” tutupnya.

Dewan juri penilai akan berkeliling di tiap RT, kelurahan dengan menggunakan bus wisata milik Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru yang memiliki bentuk layaknya gerbong kereta api.

Dan juga total hadiah untuk Festival Salikur Banjarbaru 2021 ini mencapai Rp22 juta, sedangkan untuk jumlah total hadiah lomba foto sebesar Rp6.750.000.(putra)

Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan