Festival Olahraga ASN Diikuti 1.239 Peserta

Sebanyak 1.239 Aparatur Sipir Negara (ASN) se Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti kompetisi Festival Olahraga ASN 2018.(foto: iyan/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Sebanyak 1.239 Aparatur Sipir Negara (ASN) se Kalimantan Selatan (Kalsel), sejak 8 Agustus kemarin mulai berkompetisi dalam Festival Olahraga ASN 2018.

Memertandingkan enam cabang olahraga (cabor) yakni, bulutangkis, futsal, senam, tenis lapangan, dan tenis meja. Juara tahun ini bakal mewakili Kalsel dalam di Kejuaraan Nasional ASN 2019 mendatang.

Dikatakan Ketua Panitia Festival Olahraga ASN 2018, Yuyu Rahmad, jumlah peserta tahun ini sangat besar, dari enam cabang pesertanya mencapai ribuan.

Adapun masing-masing cabang diikuti oleh, 162 orang untuk bulutangkis, 100 orang cabang catur, 480 peserta atau 32 klub untuk cabang futsal, 171 untuk peserta tenis lapangan, 176 cabang tenis meja, 150 peserta untuk senam.

Diawali dengan pertandingan futsal yang dilaksanakan di Surya Hall, peserta sudah mencapai 32 tim dari 13 kabupaten dan kota serta unsur SKPD lingkup pemprov dan instansi vertikal. Dengan pertandingan pertama antara Setda B berhadapan dengan tim futsal HSU dengan skor akhir 1-8 untuk kemenangan HSU.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Zakly Asswan mengatakan, untuk ASN sebenarnya baru tahun ini dilaksanakan karena dulunya namanya KOPRI. “Tapi, karena dihapuskan Paman Birin yakni gubernur kita berharap festival olahraga ini tetap dibangkitkan yakni ASN,” jelasnya.

Tujuannya tak lain untuk membina ASN di Kalsel supaya jangan hanya bisa bekerja namun juga harus rajin berolahraga sesuai imbauan gubernur agar ASN di Kalsel dapat hidup sehat dan bebas dari Narkoba.

Selain itu para peserta tahun ini menurutnya juga akan dipersiapkan untuk ajang di tingkat nasional, karena sebenarnya jenjang pertandingan ASN ini ada hingga tingkat nasional.

Selain futsal, senam kemarin juga memulai pertandingan di Hotel G Sign kemarin, yakni untuk senam aerobic dengan tiga katagori yakni U35 dengan 25 peserta, 35+ dengan 32 peserta serta Instruktur dengan 19 peserta.

Ketua panitia pelaksanaan lomba senam, Galoeh Chairunnisa mengatakan, kendati berhasil merapatkan para peserta untuk ikut kejuaraan kali ini di lingkungan ASN, namun tetap di sayangkan kalau kedepan senam tak dipertandingkan.

“Padahal di tingkat nasional, Kalsel memiliki prestasi untuk senam khususnya ASN, namun cabang ini kita sayangkan tak dipertandingkan, harapan kita tetap dipertandingkan nantinya,” ujarnya.

Di cabang lain yakni tenis lapangan yang dipertandingkan di Lapangan Tenis Dharma Praja, persaingan justru cukup seru karena masing-masing daerah rupanya mewakilkan petenis terbaiknya, salah satunya Banjarmasin yang diwakili oleh salah satu petenis Kalsel, Ali.

“Sebenarnya banyak nama atlet di cabang tenis ASN ini yang ikut bertanding, jadi kita tak bisa memastikan daerah mana atau siapa yang menang, karena selain perorangan, kita juga memertandingkan nomor ganda,” jelas Ketua Panitia tenis lapangan ASN, Abidin.

Sementara untuk cabang lain, kemarin juga sudah memulai pertandingan, yakni, tenis meja di gedung kumputem, bulutangkis di GOR bulutangkis Hippindo, catur di kantor Dispora Kalsel.(iyan)

Editor : Farid

Komentar Facebook