Festival Borneo Bakal Dihadiri Sejumlah Negara Sahabat

Festival Borneo akan dilaksanakan di Banjarmasin, berbagai budaya dan kesenian akan menjadi perhatian yang menarik . Salah satu kesenian Budaya Banjar Sinoman Hadrah (foto : syarif wamen/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Dalam waktu dekat Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menyelenggarakan acara akbar untuk memamerkan potensi budaya, tradisi serta ragam adat dalam Festival Pesona Budaya Borneo 2.

Festival budaya itu dihelat selama lima hari, sejak Sabtu hingga Rabu, 11-15 Agustus 2018, di halaman eks kantor Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin.

Selain dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, kegiatan budaya ini bakal dihadiri sejumlah negara sahabat seperti Venezuela, Panma, Kazakstan, Peru, Croasia, Yaman, Pakistan dan sejumlah negara lainnya.

Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata Kalsel Faisal Rizani mengatakan, program itu sebagai upaya untuk peningkatan wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara.

“Juga sebagai pengenalan budaya Kalimantan, khusunya budaya Banua,” ucapnya, Kamis (9/8) di Hotel Rattan Iin Banjarmasin.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Dayak Kalsel H Difriadi Darjat menilai, even ini representasi kekayaan dan kearifan lokal masyarakat Borneo, baik dalam bentuk seni budaya maupun kultur pembaharuan yang dijiwai semangat Bhineka Tunggal Ika.

“Banyak kekayaan serta kearifan lokal yang di miliki dipulau Kalimantan tersebut yang sangat perlu dikembangkan dan dilestarikan,” katanya. (azka)

Editor : Farid