Banjarmasin

Faktor Pandemi Covid-19 dan Cuaca Mempengaruhi Anjloknya Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Pilkada 2020 yang dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19 membuat banyak wilayah mengalami penurunan partisipasi pemilih, hal tersebut sangat dirasakan di bandingkan saat Pilkada tahun 2015.

Penurunan tingkat partisipasi pemilih tersebut selain dikarenakan pelaksanaan Pilkada di tengah Pandemi Covid-19, faktor cuaca juga mempengaruhi menurunnya partisi pemilih di Kalsel.

Hal ini disampaikan Komisioner KPU kota Banjarmasin, Edy Eriansyah saat di jumpai disela rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 2020.

Menurut Edy, di sejumlah daerah saat pelaksanaan pemungutan suara pada tanggal 9 Desember 2020 lalu, banyak Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang harus bergeser lantaran di terpa hujan deras dan angin yang kencang.

“Dihari pemungutan suara itu, kita lihat ada beberapa TPS di sejumlah daerah yang harus bergeser lantaran hujan yang sangat deras, seperti misalnya di Tanah Laut beberapa TPS harus di geser karena cuaca yang sangat ekstrim,” ucapnya.

Padahal menurutnya pada Pilkada 2015 partisipasi pemilih berada di angka 66,34 persen. Sedangkan untuk data sebelum penetapan partisipasi pengguna hak pilih berada di angka 64,11 persen.

Dari hasil tersebut memang sudah terjadi penurunan jumlah partisipasi pemilih untuk pelaksanaan Pilkada 2020 ini, meski demikian masih ada sejumlah daerah di Kalsel yang mengalami peningkatan partisipasi pemilih.

“Di lima Kabupaten lain, seperti Kabupaten Balangan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Kotabaru, mengalami peningkatan jumlah pemilih dibandingkan Pilkada tahun 2015,” ungkap Edy.

Meskipun menurutnya penurunan partisipasi pemilih yang signifikan terjadi di kota Banjarmasin dan Banjarbaru. “Kabupaten Kota penyelenggara pilkada yang paling drastis penurunan partisipasinya ya di Kota Banjarmasin,” tuturnya.

Meski dimikian ia tetap mengapresiasi seluruh jajaran KPU Provinsi Kalsel dan KPU Kabupaten Kota serta para stake holder yang terus membantu mengawal jalannya Pilkada 2020 hingga selesai. Ia juga berterimakasih kepada para pemilih yang telah berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya.

“Terima kasih banyak untuk para pemilih yang sudah memberikan hak pilihnya, juga terima kasih untuk para stake holder pemangku kepentingan, sehingga masyarakat dapat memberikan hak pilihnya secara demokratis,” pungkasnya. (fachrul)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top