Empat Parpol Baru Memenuhi Syarat

RAPAT PLENO - Ketua KPU Banjarmasin Bambang Budiyanto saat menyampaikan hasil verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2019. (farid/klikkalsel)
RAPAT PLENO – Ketua KPU Banjarmasin Bambang Budiyanto saat menyampaikan hasil verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2019. (farid/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin menggelar rapat pleno penyampaian hasil verifikasi faktual di RM Lima Rasa, Banjarmasin, Sabtu (10/2/2018).

Dari parpol yang mendaftar, KPU Banjarmasin menetapkan 16 partai politik (parpol) lolos seleksi faktual. 12 parpol lama dan empat parpol baru.

“Parpol baru itu, Partai Bekarya, PSI, Perindo dan Garuda,” sebut Ketua KPU Banjarmasin Bambang Budiyanto, usai Rapat Pleno Terbuka Penyampaian Berita Acara Hasil Verifikasi Faktual kepada Parpol Calon Peserta Pemilu 2019, di RM Lima Rasa Banjarmasin, Sabtu (10/2).

Sebenarnya, kata dia, ada 18 parpol yang diverifikasi faktual namun dua parpol dinyatakan tidak bisa diikutkan verifikasi karena tidak memenuhi ambang batas. Tapi, ia enggan menyebutkan parpol apa saja.

Hasil keputusan pleno terkait verifikasi faktual itu sudah disampaikan ke KPU Kalsel, untuk selanjutnya ke KPU RI. Sehingga, keputusan parpol yang menjadi peserta Pemilu 2019 menungu keputusan KPU RI di Jakarta.

Menurutnya, hasil parpol memenuhi syarat itu sesuai tahapan verifikasi faktual yang berlangsung tiga hari, sejak 30 Desember 2018 hingga 2 Februari 2018.

Khusus verifikasi faktual empat parpol baru langsung dilakukan dari pintu ke pintu (dor to dor), dengan mengambil sampel 10 persen keanggotaan yang masuk Sipol (Sistem Informasi Partai Politik).

“Dari 4 parpol baru, 2 langsung dinyatakan lolos ambang batas 647 anggota. Sisanya 2 parpol juga dinyatakan memenuhi syarat, setelah sempat ada perbaikan,” tuturnya di acara yang dihadiri sejumlah ketua dan pengurus parpol di Banjarmasin itu.

Verifikasi KPU meliputi kepengurusan, domisili, keterwakilan perempuan dan keanggotaan. Jadi, sebutnya, hasil rapat pleno 16 parpol yang mendaftar di KPU Banjarmasin semuanya memenuhi syarat verifikasi faktual.(farid)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.