Empat Kali Ledakan Peristiwa Kebakaran Kantor UPT Disperindag, Mesin Server Diduga Pemicu Utama

Kondisi mesin server dan arsip yang terbakar. (foto:rizqon/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Asal mula dugaan kuat nyala api peristiwa kebakaran di Kantor UPT Bidang Pasar Disperindag Kota Banjarmasin berlokasi di bangunan Pasar Pangeran Samudera, Kamis (24/10/2010) dini hari, perlahan terungkap. Diduga dipicu dari ledakan mesin server yang kemudian disusul ledakan benda elektronik lainnya.

Saksi mata Ari Febrianto mengatakan, ledakan pertama terdengar dari ruangan paling sudut tempat mesin tersebut berada.
Ari petugas jaga malam di lokasi kejadian menerangkan kepada awak media ini, terjadi empat kali ledakan saat api berkobar di dalam Kantor UPT milik Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tersebut.

“Ada empat kali ledakan , yang pertama server itu,” ucapnya kepada awak media.

Saksi mata menunjuk mesin server yang menjadi sumber ledakan pertama.(foto:rizqon/klikkalsel)

Ledakan pertama, terdengar ujung ruangan bagian dalam. Kemudian disusul ledakan mesin pembuangan AC di luar, selanjutnya dari AC dalam dan yang terakhir MCB Listrik di luar.

Pantauan klikkalsel.com, mesin server seperti lemari setinggi kurang lebih 1 meter terlihat jebol. Dengan bagian sisi terlepas diduga setelah ledakan. Kemudian, MCB listrik tampak meleleh akibat terbakar saat arus pendek terjadi.

“Dugaan sementara konsleting listrik di server komputer itu, terang Ketua BPBD Kota Banjarmasin, H M Ilmi.

Salah satu pegawai ASN dinas terkait yang tak ingin disebutkan namanya, mengatakan tempat mesin server tersebut berada ruangan kepala bidang.

“Itu ruangan Kabid, total kerugian tak bisa menghitung tapi arsip banyak terbakar,” tutur kepada awak media ini di lokasi kejadian.

Sementara itu, pihak kepolisian memasang garis pembatas dilarang melintas di lokasi kejadian khususnya di area ledakan. Guna kepentingan penyelidikan asal mula nyala dan penyebab kebakaran. (rizqon)

Editor : Akhmad