Pendidikan

Duta Baca Kalsel, Berikan Tips Cara Senang Membaca

Duta Baca Kalsel

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Dikenal sebagai jendela dunia, ribuan bahkan jutaan pengetahuan yang tertulis dapat diketahui dengan mudah jika seseorang rajin membaca terutama buku.

Ditengah perkembangan globalisasi sekarang banyak pelajar dan mahasiswa hingga masyarakat pada umumnya, enggan untuk membaca buku.

“Apakah perkembangan teknologi terutama media sosial yang begitu ramai hingga membuat buku seakan tersisihkan,” tutur Rachmi Nafissa, Duta Baca Provinsi Kalsel Tahun 2020.

Menurutnya, kenapa terkadang seseorang memiliki minat baca yang rendah? Menurutnya, stigma dari diri sediri terhadap buku itu, contoh kata dia berpikir bahwa membaca buku bikin ngantuk atau membosankan.

“Padahal dalam suatu buku banyak terdapat konten yang bagus dan seru,” kata Rachmi Nafissa yang akrab disapa Icha, Kamis (05/11/2020).

Mahasiswi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) jurusan hukum tersebut juga mengatakan bagaimana cara untuk menyukai buku.

Pertama, dengan menyukai membaca genre yang disukai. Kedua, terbiasa, atau meluangkan waktu untuk setiap hari membaca buku minimal 15 menit, sekitar satu atau setengah lembar di waktu istirahat dari aktivitas rutin, atau sebelum tidur.

Dan yang ketiga, konsisten, dalam setiap hari membaca, hingga memberikan target untuk membaca, dan terakhir dapat mengeksplorasi bacaaan kita dengan genre yang lain.

“Saya paling suka sejarah dan buku cerita, sekarang berkembang, novel dan biografi. Bahkan saya juga mencari informasi dengan membaca buku bentuk digital (e-book),” kata remaja cantik kelahiran Tabalong, 1 Desember 2000 tersebut.

Dia juga menceritakan memiliki hobi membaca buku sejak lama yakni sedari kecil. Ayah dan ibunya sering membelikan buku dan majalah bacaan untuknya, diantaranya majalah Bobo dan Tiko. Hal ini akhirnya membuat putri dari pasangan Pakhriev Ikhwansyah dan Rubiati ini menjadi anak yang gemar membaca.

Disamping itu icha juga aktif mempromosikan minat baca di daerahnya dan berbagai daerah di Kalsel.(azka)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top