Minggu, Oktober 17, 2021

Dukung Cetak 10.000 Wirausahawan Baru, Adaro Spectrapreuner 2019 Resmi Dibuka

TANJUNG, klikkalsel – Puncak acara ajang kompetisi untuk menjaring pelaku UMKM di Kabupaten Tabalong yang bertajuk Adaro Spectrapreuner 2019 secara resmi dibuka  Presiden Direktur (Presdir) PT Adaro Energy TBK, Garibaldi Boy Thohir di Tanjung Expo Center, Senin (11/11/2019).

Peresmiam ditandai dengan pemotongan pita oleh Presiden Direktur (Presdir) PT Adaro Energy TBK, Garibaldi Boy Thohir bersama Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, Wakil Bupati Tabalong, Mawardi dan unsur Forkopimda Kabupaten Tabalong.

Manager CSR PT Adaro Indonesia, Leni Marlina dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini merupakan program unggulan yang digagas untuk mewujudkan masyarakat mandiri pasca tambang.

“Serta mendukung cita-cita Tabalong dalam mencetak 10.000 wirausahawan,” katanya.

Bermitra dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Pemerintah Kabupaten Tabalong, Leni menjelaskan strategi pelaksanaan program ini adalah dengan cara memberikan dukungan pengembangan usaha yang ada maupun menstimulan cikal bakal UMKM potensial sesuai potensi unggulan di daerah.

“Sehingga memiliki ekosistem usaha yang saling menunjang antara bagian yang satu dengan yang lainnya,” terangnya.

Leni menambahkan, Adaro pun telah menyiapkan Rp100 juta, sebagai tambahan modal bagi UMKM unggulan hasil seleksi kompetisi yang dilaksanakan pada 11 hingga 16 Nopember 2019.

Dalam kesempatan ini juga turut dilaksanakan deklarasi 1000 wirausaha muda oleh seluruh peserta Adaro Spectrapreuner 2019 yang merupakan pelaku usaha UMKM yang ada di Kabupaten Tabalong.

Presiden Direktur (Presdir) PT Adaro Energy TBK, Garibaldi Boy Thohir mengaku senang dan bangga deklarasi yang baru diucapkan para wirausaha muda unggulan.

“Ikrar dari ade-ade yang nanti bisa memberikan kontribusi dan juga bisa menjadi kebangaan dari Kabupaten Tabalong yang kita cintai ini,” ucapnya.

Ia juga menyaimpaikan, sumber daya alam (SDA) seperti batu bara dan minyak bumi merupakan energi tidak terbarukan yang akan segera habis. Untuk itu ia meminta masyarakat Tabalong khususnya kaum muda untuk menjadi pelaku usaha.

“Cepat atau lambat, pasti akan habis, untuk itulah kita harus segera menciptakan pengusaha-pengusaha muda. Karena tentunya pengusaha muda ini ide dan kreatifitasnya tidak akan habis,” ujarnya.

Sementara, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya Adaro Spectrapreuner 2019.

Menurut Bupati, program ini sejalan dengan upaya yang dilakukan oleh Pemkab Tabalong. Salah satunya adalah program dalam lima tahun ke depan yaitu mencetak 10.000 wirausaha baru dan tenaga terampil.

“Meski bagi sebagian orang ini mustahil untuk bisa diwujudkan, tidak sedikit 10.000 itu. Tetapi terbukti sampai akhir masa jabatan saya diperiode pertama terealisasi 6.450 tenaga terampil dan wirausaha baru,” jelas Anang.

Oleh sebab itu, dengan kegiatan Adaro Spectrapreuner ini, ia pun berharap kepada para peserta untuk mempersiapkan diri dengaj cara lebih banyak menghasilkan produk.

“Hari ini mendapatkak semangat baru, karena PT Adaro Indonesia secara nyata telah menunjukkan kepada kita bahwa mereka berada di belakang kita,” pungkasnya. (arif)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan