Jumat, September 24, 2021

Dua Pendatang Baru yang Akan Mengejutkan Piala Dunia 2018

PIALA Dunia 2018 Rusia diramaikan dua tim nasional (Timnas) baru, yakni Islandia dan Panama.

Dua timnas ini, menciptakan sejarah setelah lolos ke putaran final secara mengejutkan.

Timnas Islandia.

Islandia memastikan tampil di Piala Dunia setelah menumbangan Kosovo 2-0 pada babak kualifikasi Grup I.

Kemenangan Pasukan Heimir Hallgrimsson itu membawa Islandia ke puncak klasemen Grup I dengan koleksi 22 poin dari 10 pertandingan.

Islandia melaju ke putaran final Piala Dunia merupakan sejarah, sebab laga di Rusia ini kali pertama Timnas ini masuk piala dunia.

Bisa jadi, Islandia akan merepotkan tim negara lain yang masuk Grup D Piala Dunia 2018 Rusia, yakni Krosia, Argentina dan Nigeria.

Sebab Islandia tidak bisa dipandamg enteng, selain juara grup saat kualifikasi juga sempat mengejutkan jagat sepak bola Eropa setelah melaju babak perempat final Euro 2016. Dalam turnamen ini, Islandia menjadi David pembunuh Goliath. Sebab setelah menyingkirkan Belanda di kualifikasi, Islandia mendepak Inggris dari 16 besar.

Timnas Panama.

Negara berikutnya yang kali pertama masuk Piala Dunia adalah Panama. Timnas ini menduduki peringkat ketiga zona Concacaf. Panama menyingkirkan Amerika Serikat yang terpaksa finis di urutan kelima.

Bahkan, keberhasilan mendapat tiket Piala Dunia, langsung disambut gembira Presiden Panama, Juan Carlos Varela, yang menganggap kesuksesan itu sebagai hari besar dalam sejarah, sehingga mencanangkan hari libur nasional, Rabu (11/10/2017), atau sehari setelah Panama menang 2-1 atas Kosta Rika di laga penentuan.

Panama sebenarnya sudah mulai peruntungannya ke Piala Dunia sejak 1978 lalu. Namun belum sekalipun mereka berhasil lolos dari babak kualifikasi. Tim berjuluk Los Canaleros itu kalah bersaing dengan negara-negara sekelas Amerika Serikat, Meksiko, dan Kosta Rika.

Ada di peringkat 60 FIFA dan  ditangani pelatih asal Kolombia, Hernán Darío Gómez, Panama masuk di Grup H bersama Belgia, Tunisia dan Inggris. (bbs)

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan