Dua Kemenangan Beruntun, Barito Putera Berusaha Keluar dari Zona Merah

Selebrasi Rafael Silva usai ciptakan gol ke gawang Persita Tangerang

SLEMAN, klikkalsel.com – Barito Putera perlahan keluar dari zona degradasi atau zona merah setelah mendapat dua kali kemenangan pada lanjutan Liga 1 BRI.

Sebelumnya tim berjuluk Laskar Antasari ini menang melawan Bhayangkara FC dengan skor 2-1. Kemenangan tersebut membuat kepercayaan diri para punggawa Barito Putera meningkat.

Kemenangan atas Bhayangkara FC itu juga yang menjadi modal Barito Putera saat menghadapi Persita Tangerang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (24/12/2022).

Barito Putera kembali meraih 3 poin dipertandingan ini dengan gol tanpa balas 0-3. Bermain dengan skuad terbaiknya, Barito Putera langsung memberikan tekanan ke jantung pertahanan Persita Tangerang.

Serangan yang dilakukan Barito Putera di menit awal babak pertama ini berbuah pelanggaran yang menjadi penalti.

Rafael Silva yang menjadi algojo tendangan penalti tidak menyianyiakan peluang. Tendangannya berhasil membobol gawang Rizky Darmawan. 0-1 untuk keunggulan Barito Putera.

Tertinggal satu gol membuat Persita Tanggerang mencoba keluar dan menyerang pertahanan skuad Laskar Antasari.

Serangan demi serangan terus dilancarkan tim berjuluk Pendekar Cisadane dari kedua sisi pertahanan Barito Putera.

Tekanan intensif yang dilancarkan oleh asuhan Angel Alfredo Vera ini berbuah hasil di menit ke 9.

Bayu Pradana salah melakukan antisipasi sehingga membuat pemain Persita Tangerang terjatuh dan wasit yang memimpin pertandingan langsung menunjuk titik putih.

Namun sayangnya peluang emas yang didapatkan Persita Tangerang melalui titik putih tersebut tidak bisa dimaksimalkan oleh Ezeqiel Vidal.

Tendangan yang tidak terlalu keras untuk mengecoh penjaga gawang Barito Putera, dari Ezeqiel Vidal tersebut masih melebar di sisi kanan gawang Joko Ribowo. Sehingga Persita Tangerang gagal menyamakan kedudukan.

Baca Juga : Setelah 12 Pertandingan Barito Putera Akhirnya Raih Kemenangan

Baca Juga : Berikan Rasa Aman Polda Kalsel Lakukan Sterilisasi di Gereja Menjelang Natal 2022

Masih tertinggal satu gol membuat Persita Tangerang terus menggencarkan serangannya ke jantung pertahanan Barito Putera.

Namun kokohnya pertahanan skuad Laskar Antasari yang di kawal Renan Alves ini membuat tim Pendekar Cisadane kesulitan untuk membuat gol.

Bahkan Barito Putera melalui serangan-serangannya sering kali membahayakan gawang Persita Tangerang.

Bahkan Rafael Silva hampir saja menggandakan keunggulan menjadi 0-2 kalau saja kontrol bolanya tidak terlepas.

Persita Tangerang yang lebih mendominasi jalannya pertandingan di babak pertama ini tidak mampu berbuat banyak karena solidnya barisan pertahanan Barito Putera ini.

Meski terus menyerang garis pertahanan Barito Putera. Anak asuh Angel Alfredo Vera inu malah kembali kebobolan lewat sundulan dari Renan Alves di menit ke 36.

Melalui skema sepak pojok, Renan Alves yang lepas dari pengawalan Agustin, dengan leluasa menyundul bola kearah gawang Persita Tangerang yang di kawal Rizky Darmawan. 0-2 untuk keunggulan Barito Putera.

Semakin jauh tertinggal, Pendekar Cisadane terus menekan pertahanan Barito Putera. Namun lagi-lagi serangan yang dilancarkan tidak mampu berbuah hasil.

Hingga jeda turun minum keunggulan Barito Putera 0-2 tidak berubah.

Memasuki babak kedua Barito Putera kembali mengejutkan pertahanan Persita Tangerang dengan gol cepat di menit ke 48 lewat serangan balik cepat.

Bagas Kaffa yang berlari cepat membawa bola langsung melepaskan umpan kepada Rafael Silva yang berlari masuk kedalam kotak penalti. Tanpa berfikir panjang Rafael langsung melepaskan tendangan keras yang tidak bisa ditepis penjaga gawang Persita Tangerang Rizky Darmawan. 0-3 untuk keunggulan Barito Putera.

Semakin jauh tertinggal, Persita Tangerang kembali menekan pertahanan Barito Putera. Namun serangannya selalu kandas karena rapatnya barisan pertahanan Laskar Antasari.

Persita pun kembali mendapatkan peluang di menit 51 lewat sundulan Wildan Ramdhani, tetapi Joko Ribowo dengan sigap menepis bola yang membahayakan gawangnya tersebut.

Dua menit berselang, kembali lewat serangan balik, Barito Putera hampir saja menambah keunggulannya.

Dengan skema yang sama dengan gol ke tiga, namun kali ini yang mendapatkan umpan sari Bagas Kaffa yakni Rizky Pora, sayangnya tendangan yang dilepaskan sang kapten masih bisa dihalau oleh penjaga gawang Persita Tangerang.

Persita Tangerang yang tertinggal tiga gol ini terus menerus melancarkan serangan ke lini pertahanan Barito Putera. Tetapi dengan fokus dan percaya diri tinggi barisan pertahanan Laskar Antasari sangat sulit untuk untuk di bongkar.

Di menit ke 77 Rafael Silva hampir saja mencetak hatrick saat mendapatkan peluang lewat sepak pojok. Namun bola yang disundul tidak mengarah ke dalam gawang.

Jual beli serangan terus diperagakan kedua tim, untuk bisa meraih gol di pertandingan kali ini.

Meski jalannya pertandingan lebih banyak dipegang oleh tim Pendekar Cisadane. Persita Tangerang masih belum bisa merobohkan benteng pertahanan tim Laskar Antasari.

Bahkan hingga penghujung pertandingan Persita Tangerang tak henti-hentinya memberikan serangan ke pertahanan Barito Putera.

Namun hingga peluit panjang ditiupkan kemenangan Barito Putera dibawah asuhan Isnan Ali ini tidak berubah.

Dengan kemenangan ini membuat Barito Putera kembali menambah poinnya untuk bisa keluar dari zona degradasi di BRI Liga 1 2022/2023.(fachrul)

Editor : Amran