DPRD Kalsel Dukung Kotabaru Bebas Tambang

Ketua Komisi III DPRD Kalsel, H Supian HK. (foto : Syarif elo/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Penutupan tiga Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, didukung penuh DPRD Kalsel.

Bahkan dalm rangka mendukung menguatkan posisi Pemprov Kalsel, legislatif daerah ini pun siap membentuk panitia khusus (pansus) untuk menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) zona bebas tambang di Kabupaten Kotabaru.

Ketua Komisi III DPRD Kalsel, H Supian HK. (foto : Syarif elo/klikkalsel)

Ketua Komisi III DPRD Kalsel, Supian HK pun menyebut dengan rencana pembuatan payung hukum itu untuk mematahkan imej kalau izin tambang bakalan dialihkan keperusahaan lain.

“Dengan adanya peraturan daerah ini, kawasan Kotabaru akan bebas dari segala kegiatan pertambangan,” tutur politisi Partai Golkar ini usai rapat pimpinan DPRD Kalsel, Kamis (22/2/2018).

Tentunya, kata dia, sebelum melangkah lebih jauh membuat raperda tersebut, pihaknya akan berkonsultasi dengan pihak terkait, termasuk kajian dari akademisi.

Dikemukakan Supian HK yang juga mengemban tugas sebagai Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel, menjadikan Kotabaru sebagai zona bebas tambang juga terkait dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP).

Historisnya, ucap Supian HK kembali, kawasan yang digarap PT SILO sebenarnya sudah masuk zona bebas tambang yang ditandatangani Sjahrani Mataja saat menjabat sebagai Bupati Kotabaru.

Maka pihaknya pun memandang langkah Pemprov Kalsel sudah benar.

“Atas dasar itu DPRD Kalsel menyatakan sikap mendukung langkah Pemprov Kalsel menutup kawasan tambang perusahaan asing ini,” pungkas Supian HK.(elo syarif)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.