Balangan

DPRD Balangan Buka Masa Sidang Pertama pada 2021

PARINGIN, klikkalsel.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan mengelar rapat paripurna masa persidangan pertama di tahun 2021, Selasa (5/1/2021).

Sidang paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan.

Mewakili DPRD Balangan, Rusdin Barhiwan menyampaikan, masa sidang pertama di 2021 ini merupakan langkah awal evaluasi kinerja dan capaian yang telah dilakukan di 2020 lalu, dan tentunya menjadi bahan inspirasi untuk lebih ditingkatkan di 2021.

“Fungsi DPRD dalam hal pengawasan, penyusunan anggaran dan pembetukan Perda, semuanya akan beracuan pada kebutuhan masyarakat. Karena berkaitan dengan kemitraan legeslatif dan eksekutif, semuanya untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Masa sidang ke- 1 tahun persidangan 2021 dimulai sejak 5 januari 2021 sampai dengan 30 april 2021.

Dalam menjalankan agenda kelembagaan, DPRD Kabupaten Balangan tentunya tidak akan lepas dari fungsinya sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang RI Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah pada pasal 149 ayat (1), (2) dan (3) baik yang yerkait dengan fungsi pembentukan peraturan daerah, Anggaran maupun pengawasan.

“Fungsi sebagai pembentuk peraturan Daerah, DPRD kabupaten Balangan selama masa sidang 1  akan mengagendakan banyak hal terkait pembentukan peraturan daerah, diantaranya 28 Raperda prioritas yang terdiri dari 22 Raperda usulan pemerintah daerah dan 6 Raperda inisiatif dewan yang telah ditetapkan,” imbuhnya

Kemudian, lanjut Rusdin, terkait dengan fungsi anggaran, agenda besar tentuakan lebih berfokus pada monitoring- mnitoring terhadap pelaksanaan anggaran yang telah dituangkan dalam rencana kerja perangkat daerah pada masing-masing SKPD.

“Kemudian, DPRD juga akan melakukan rapat komisi dan rapat kerja dengan lembaga SKPD terkait untuk membahas masalah yang berkembang untuk menjadi perhatian bersama baik di bidang politik, keamanan, sosial maupun ekonomi,” jelasnya.

Terakhir, mewakili DPRD Balangan, anggota dewan akan bekerja maksimal untuk merelisasikan aspirasi masyarakat demi kemajuan Kabupaten Balangan. (fitri)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top