Dorong Pemilu Berkualitas, Dewan Pers Ingatkan Jurnalis Bijak Menulis Berita

Workshop Peliputan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019.(foto : david/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel- Dalam rangka mendorong Pemilu berkualitas, Dewan Pers menggelar Workshop Peliputan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 bagi wartawan di Kalsel bertempat di salah satu hotel di Banjarmasin, Rabu (6/3/2019).

Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo dalam materinya menyampaikan pentingnya peran jurnalis dalam memberikan informasi terkait pelaksanaan Pemilu.

Menurutnya sejauh ini terlihat pemberitaan mengenai Capres dan Cawapres lebih mendominasi diberbagai media, padahal menurutnya disaat bersamaan juga digelar Pemilihan Legislatif yang akan menentukan wakil rakyat yang duduk di parlemen.

“Akhirnya semua fokus ke Pilpres dan kurang melihat Pileg. Nah ini tugas dari pers untuk mensosialisasikan. Sehingga masyarakat tahu siapa yang nanti akan mewakili mereka di DPR,” ujar pria yang kerap disapa Stanley ini.

Sementara itu pada materi berikutnya, Jimmy Silalahi mengingatkan para jurnalis banua agar cerdas dan bijaksana dalam memilih sebuah berita yang akan ditulis, karena menurutnya tidak semua informasi itu dibutuhkan oleh masyarakat dan terkadang dapat menimbulkan kegaduhan.

“Ini bukan berarti menutup fakta, tapi lebih memilih untuk memilah berita dan memikirkan dampaknya bagi masyarakat,” ujar Anggota Dewan Pers yang mengetuai Komisi Hukum dan Perundang-Undangan ini.(david)

Editor : Alfarabi