Jumat, September 24, 2021

DLH Balangan Pilih Tiga Titik Pengembangan Hutan Kota

 

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Hutan kota yang dulu berada di Jalan Garuda Mataram, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) kini direncanakan beralih fungsi menjadi kebun raya. Sehingga terjadi perpindahan hotan kota di Balangan.

“Rencananya ada tiga lokasi yang akan didesain sedemikian rupa sebagai hutan kota,”Sebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Musa Abdullah saat bertemu awak media Rabu (2/12/2020).

Kurang lebih 3 hektar lahan yang disiapkan untuk perencanaan hutan kota ke depannya. Kawasan hijau di Balangan, khususnya pada wilayah perkotaan pun bertambah.

Selain itu, keberadaan hutan kota akan diolah sebagai tempat bersantai, sehingga tak hanya sekadar dipenuhi tanaman, melainkan juga dirancang adanya sports center dan tempat berjalan.

“Kami sudah melakukan perancangan yang nantinya akan diusulkan dan masuk dalam APBD Kabupaten Balangan,”ujarnya.

Rancangan yang dibuat masih dalam bentuk audio visual dan akan dipersentasikan pada kepala daerah.

Keberadaan hutan kota ini, katanya, diharapkan mampu memberikan atau menambahkan ruang terbuka hijau. Tak kalah penting, juga mampu menjadi  kantong oksigen bagi lingkungan serta sarana edukasi.

Ia juga menjelaskan, tiga lokasi yang masuk dalam hutan kota dibuat terpisah dan masih dalam proses pengkajian.

Tempat hutan kota yang terpilih yakni di dekat Kantor Pertanahan Kabupaten Balangan, Komplek Perkantoran Kabupaten Balangan. Kemudian lokasi lainnya di Jalan A Yani pada kawasan yang sama. Sementara lokasi ketiga yaitu di Taman PKK Kabupaten Balangan Desa Lingsir. (fitri)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan