Ditjen PUPR Puji PT Herlina Perkasa

Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Dadang Rukmana, meninjau lokasi perumahan Herlina Perkasa. (foto : istimewa)

BANJARMASIN, klikkalsel– Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, terus memberikan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk perumahan bersubsidi di Provinsi Kalsel. Salah satu perumahan bersubsidi yang mendapatkan bantuan tersebut adalah Perumahan Herlina Perkasa.

Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Dadang Rukmana saat meninjau lokasi perumahan PT Herlina Perkasa. (foto : syarif wamen/klikkalsel)

Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Dadang Rukmana mengatakan, PT Herlina Perkasa merupakan salah satu contoh lokasi yang pemberian PSU-nya dapat dilakukan secara masif oleh Kementerian PUPR.

“Setelah mendapat bantuan PSU tingkat peenghuniannya sangat tinggi serta bermanfaat bagi masyarakat banyak,” ujar Dadang Rukmana saat melakukan peninjauan lapangan penerima bantuan PSU ke Perumahan Herlina Perkasa di Kalsel beberapa waktu lalu.

Selain itu ia menerangkan, bantuan PSU ke Perumahan Herlina Perkasa telah diberikan pada Tahun Anggaran 2015 dan 2017 di Kota Banjarmasin.

” Tahun 2015 meliputi jalan lingkungan dengan panjang 4.402 meter untuk melayani 1000 unit rumah bersubsidi. Sedangkan pada tahun 2017 bantuan yang diberikan antara lain berupa jalan lingkungan dengan panjang 1.343 meter untuk melayani 300 unit rumah bersubsidi,” terang Danang

Perumahan yang dibangun sejak tahun 2010  lalu ini ditambahkannya memiliki daya tampung sebanyak 15.000 unit dan menjadi salah satu perumahan dengan serapan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) terbesar di Provinsi Kalsel.

Pembangunan perumahan skala besar bagi MBR, kata Dadang,  tentunya juga selaras dengan misi pemerintah dalam mendorong capaian Program Satu Juta Rumah. Kementerian PUPR akan terus mendorong upaya pemerintah daerah dan pelaku pembangunan dalam menyediakan perumahan berskala besar di daerah.

“Program Satu Juta Rumah ini perlu menjadi gerakan bersama kita untuk mewujudkan satu juta rumah untuk rakyat,” imbuhnya.

Lokasi Perumahan PT Herlina Perkasa, di Sungai Andai

Selain  menerima Bantuan PSU, PT Herlina Perkasa selaku pengembang Perumahan Herlina Perkasa juga menerima bantuan sarana Ruang Terbuka Hijau (RTH) dari Pemerintah Kota Banjarmasin pada tahun 2017.

Selain mendapat bantuan dari pemerintah, pengembang perumahan Herlina Perkasa juga fokus terhadap penyediaan prasarana dan sarana pendukung lainnya.

Hal itu terlihat dari itikad pengembang untuk membangun jalan akses, masjid raya dan menyerahkan sebagian lahannya kepada pemerintah daerah untuk pembangunan gedung sekolah di lokasi perumahan tersebut.

“PT Herlina Perkasa berhasil membangun perumahan secara masif di Kota Banjarmasin. Saya kira hal ini menunjukkan bantuan PSU yang diberikan pemerintah dapat memberi stimulasi bagi pengembang untuk membangun rumah MBR lebih banyak dan hal itu terlihat di perumahan ini,” pungkasnya.(david)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.