Advertorial

Distan Balangan Tanggapi Kerusakan Jalan Usaha Tani di Haur Batu Paringin

PARINGIN, klikkalsel.com – Sempat dikeluhkan, jalan usaha tani sepanjang 2 kilometer di Haur Batu Kelurahan Paringin Kota, RT. 12 dan 13  Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan yang kian memprihatinkan menjadi perhatian khusus Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Balangan.

Pasalnya, Jalan Baruh Ulin tersebut, kondisinya sangat memprihatinkan, bahkan sudah bertahun-tahun tidak diperhatikan pemerintah.

Apalagi jalan usaha tani itu merupakan akses vital bagi ratusan petani dalam mengangkut hasil panen dan melakukan aktivitas di sawah dan kebun setiap harinya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Distan Balangan, Rahmadi saat menyambangi lokasi jalan usaha tani yang rusak parah tersebut menyampaikan, pihaknya akan menanggapi serius atas keluhan warga terkait jalan produksi pertanian di Haur Batu.


“Kita telah melakukan survei, terkait jalan usaha tani yang kondisinya rusak parah ini, yang panjang sekitar 2.000 meter. Diketahui jalan tersebut merupakan akses utama para petani,” ujarnya, Senin (29/3/2021).

Pihaknya juga merespon atas keluhan warga dan bahkan nantinya pihaknya akan melakukan perbaikan jalan tersebut, dan untuk hasil survei akan dibawa ke tingkat pembicaraan di Bappeda maupun Bupati Balangan untuk ditindaklanjuti.

“Untuk potensi pertanian warga di Haur Batu ini, khusus tanaman pangan itu ada 1.500 hektare, sedangkan untuk perkebunan karet sekitar 100 hektare. Tentunya dengan adanya pembangunan jalan ini nantinya bisa sangat bermanfaat bagi para petani,” tuturnya.

Sementara itu, Suhadi salah satu warga sekitar menyambut baik atas respon yang disampaikan Dinas Pertanian, yang ingin memperbaiki jalan usaha tani yang kondisinya memperhatikan tersebut.

“Alhamdulillah, keluhan kami direspon cepat oleh Dinas Pertanian. Tentunya jalan ini merupakan harapan kami bersama,” sebutnya.

Ia berharap jalan tersebut bisa cepat direalisasikan, sehingga warga lebih mudah dalam beraktivitas menuju kebun dan persawahan. Mengingat jalan tersebut menjadi akses vital bagi ratusan warga setiap harinya. (fitri)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top