Dispersip Salurkan Minat Baca Hingga Pelosok Desa

Anak-anak M I Nurul Huda sangat antusias saat kedatangan Mobil perpustakaan keliling. (Arsip Dispersip)
BANJARMASIN, klikkalsel.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel, terus memicu minat membaca, mulai anak-anak TK/PAUD, pelajar dan mahasiswa.
Tidak hanya tingkat pelajar yang menjadi sasaran, bahkan kalangan masyarakat dari wilayah perkotaan hingga pelosok desa dengan berbagai cara, seperti talkshow, seminar, jumpa tokoh/idola, mendongeng, hingga datang langsung ke sekolah, tim perpustakaan keliling menggunakan minibus maupun motor trail.
Kali ini, perpustakaan keliling menuju ke dua desa, mobil perpustakaan menuju Madrasah Ibtidayah (MI) Darul Huda yang berada di Mataraman Kabupaten Banjar, sedangkan trail pustaka ke sekolah-sekolah di kawasan Sungai Sahurai dan Sungai Gampa Kabupatten Barito Kuala (Batola).
Kepala Dinas Dispersip Hj Nurliani Dardie mengatakan, perpustakaan keliling ingin membagi semua pengetahuan ilmu yang dimiliki melalui buku-buku bacaan keberbagai pelosok, tak hanya kota, desa maupun kabupaten.
Semua pengetahuan dan kepandaian harus ditingkatkan, sebab semua berhak mendapatkan pengetahuan. Oleh sebab itu Dispersip dengan armadannya akan berusaha menjangkau semua pelosok tersebut meski jalan menuju pelosok tersebut sangat berat di lalui.
“Untuk hari ini kita memiliki jadwal kedua lokasi yang berbeda, Mobil perpustakaan kea rah Kabupaten Banjar, sedangkan motor trail ke Barito Kuala,” katannya, Selasa (28/1/2020)
Ia juga menambahkan, akan terus menyebarkan virus baca khususnya kepada generasi penerus. Sebab generasi peneruslah harapan masa depan bangsa ini.
“Kalau tidak ditularkan sekarang (sejak dini) mereka akan terkena penyakit malas untuk membaca,” ucapnnya.
Sementara guru dari MI Nurul Huda mengatakan, kedatangan perpustakaan keliling sangat bagus apalagi sangat jarang ada mobil perpustakaan yang datang.
Shungga kehadiran perpustakaan dari Dispersip sangat memberikan wawasan bagi anak murid M I Nurul Huda. “Saya berharap ini terus ditingkatkan,” kata Linda.(azka)
Editor : Amran