Diskominfo HSU Fasilitasi Live Dialog Interaktif soal Covid-19

Live Dialog Interaktif yang digelar Diskominfo HSU untuk informasi Corona (foto : diskominfo hsu)
AMUNTAI, klikkalsel.com – Sejak sepekan kemarin, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), melakukan siaran langsung (live) dialog interaktif dengan menghadirkan beberapa narasumber dari tim satuan gugus tugas pencegahan Covid-19.
Dialog interaktif yang tayang melalui saluran TV kabel yang menjangkau hampir separuh penduduk Kabupaten HSU ini menyediakan telepon interaktif bagi warga yang ingin bertanya kepada nara sumber saat siaran berlangsung.
“Melalui dialog interaktif ini kita bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar melakukan gerakan hidup sehat, menjaga dan memelihara kebersihan diri dan lingkungan, menjaga kewaspadaan namun tidak bersikap panik,” ujar Kepala Diskominfo Kabupatrn HSU H. Adi Lesmana, S.Sos, M.Si kepada klikkalsel.com, Rabu (1/4/2020).
Menurutnya, sejauh ini semua sarana komunikasi dari Dinas Kominfo HSU baik televisi, penyebaran pamplet, dan media luar ruang, seperti baliho dan spanduk, secara maksimal telah digunakan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.
“Kita berharap, masyarakat dapat bertindak dan bersikap sesuai dengan anjuran pemerintah sehingga Kabupaten HSU terhindar dari wabah virus Covid-19,” ujar mantan Kabag Humas Setda HSU ini.
Lebih jauh, Adi menyebutkan, sesuai dengan tugas dan fungsi Diskominfo yang menangani urusan komunikasi publik dalam Tim Satuan Gugus Tugas, pihaknya ingin mensosialisasikan masalah wabah Covid 19 ke masyarakat melalui program dialog interaktif ini.
Adapun nara sumber yang dihadirkan diantaranya Bupati HSU H. Abdul Wahid, jajaran Dinas Kesehatan seperti Kepala Dinas, beberapa Dokter Spesialis juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kapolres HSU serta Komandan Kodim 1001/Amuntai-Balangan.
“Siaran live interaktif dilakukan dua kali dalam semingggu yaitu Senin dan Kamis pada pukul 20.30 Wita,” terangnya.
Sesudah disiarkan langsung melalui TV Kominfo atau jaringan TV Kabel, hasil rekaman syuting juga dipublikasikan melalui Livestreaming di akun resmi Dinas Kominfo HSU. Melalui dialog interaktif yang disiarkan live ini, diharapkan masyrakat bisa memperoleh informasi yang benar terkait wabah Virus Corona dari narasumber yang berkompeten.
“Sambutan masyarakat yang menonton acara ini cukup antusias dan bertanya langsung kepada nara sumber melalui nomor telpon yang kami sediakan,” tukasnya.
Sementara bagi masyarakat yang belum sempat bertanya langsung melalui dialog interaktif, Tim satuan gugus tugas pencegahan dan penanganan Covid 19 dari Dinas Kesehatan juga sudah membuka saluran telpon resmi (call center) di Dinas Kesehatan dan semua Puskesmas. (doni)