Diskominfo Gelar Sosialisasikan KIM

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Bumbu, Ardiansyah.(foto : dok/klokkalsel)
BATULICIN, klikkalsel.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanah Bumbu, menggiatkan sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila terhadap masyarakat “Bumi Bersujud”.
“Dengan mengambil tema menanamkan nilai nilai Pancasila maka masyarakat dapat menjauhkan pergaulan bebas dan bahaya narkoba,” kata Kepala Diskominfo Tanah Bumbu, Ardiansyah.
Menurutnya, kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman anak-anak muda Tanah Bumbu sehingga mampu menghadapi permasalahan yang ada di masyarakat melalui informasi.
Diskominfo juga mengandeng instansi dan institusi untuk ikut menanamkan nilai-nilai Pancasila. Sedangkan, para peserta adalah pelajar dari SMAN 1, SMKN2 dan SMA Bangun Banua Simpang Empat.
Acara Pemberdayaan KIM kali ini menghadirkan narasumber dari Polres Tanbu AKP Syaiful Jayadiningrat, dari Kodim 1022 Tanbu Lettu Inf Fernando Fransis Sinaga, kemudian dr Deky Atmadja dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tanbu dan Kepala Kantor Kesbangpol Tanbu Darmiadi.
Menurut dia, sejak bergulirnya sistem otonomi daerah dan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.
Pemerintah Daerah juga mengemban tugas untuk mengelola sistem Informasi daerah, karena hal ini penting dalam mendukung pembangunan dengan meningkatkan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat.
“KIM sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi, terutama dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat. Artinya KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat berguna juga bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan Pemberdayaan KIM guna mengembangkannya,” ujarnya.
Bukan hanya itu generasi milenial merupakan generasi yang akan memainkan peranan penting dalam kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara kedepan. Dari itu, untuk membentenginya dari kehancuran akibatnya pesatnya perkembangan teknologi dan upaya upaya memecahkan bangsa.
Selanjutnya tidak kalah pentingnya adalah menjauhkan pergaulan bebas dan bahaya narkoba pada anak jaman melenial melalui sosialisasi kegiatan KIM ini.
“Dengan pemberdayaan KIM di daerah sebagai penyampai informasi dan penyalur aspirasi masyarakat dapat berdaya guna, mandiri dan mampu mengatasi permasalahan di masyarakat,” pungkasnya.(fardan/adv)
Editor : Amran