Diperingatan Hari Pahlawan, Wahid Lepas 197 Peserta Napak Tilas Jejak Pahlawan Tingkat Kalsel

Bupati HSU H Abdul Wahid membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia (RI) Juliari P Batubara. Minggu (10/11/2019). (foto : istimewa)
AMUNTAI, klikkalsel – Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahid secara resmi lepas 197 peserta Napak Tilas Jejak Pahlawan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diikuti perwakilan pemuda-pemudi 13 Kabupaten/kota, di depan Halaman Kantor Bupati HSU. Minggu (10/11/2019).
Kepada para peserta napak tilas dan peserta Apel peringatan Hari Pahlawan yang saat itu bersamaan digelar, Wahid membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia (RI) Juliari P Batubara.
Di mana bupati menyampaikan peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momentum bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
Peristiwa perang tersebut, mengingatkan kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari pendahulu negeri.
Untuk itu, hendaknya semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut bisa terus ditumbuh kembangkan dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.
Tema peringatan Hari Pahlawan 2019 ini adalah, “Aku Pahlawan Masa Kini”. Dikatakannya, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan setiap Warga Negara Indonesia.
Seperti melakukan bentuk aksi nyata, memperkuat keutuhan NKRI seperti, menolong sesama terkena musibah, tidak melakukan provokasi, tidak menyebarkan berita hoax dan tidak melakukan anarkis yang merugikan orang lain.
Dia juga berharap, kegiatan ini bukan hanya bersifat serimonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian sesama.
“Teruslah berupaya memumpuk nilai kepahlawanan, agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” tandasnya. (awir)
Editor : Akhmad