Dinilai Kurang Efektif, Kepastian Status PPKM Ditentukan Besok

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Banjarmasin, bak sebuah nama semata. Pasalnya hingga sampai saat ini status PPKM Level IV masih diberlakukan di Banjarmasin dan tidak diketahui pasti hasil dari pemberlakuan tersebut seperti apa.

Sejatinya PPKM level IV sudah diberlakukan sejak 26 Juli 2021 kemarin hingga 2 Agustus 2021. Namun, dalam sepekan pelaksanaan PPKM tersebut, tidak adanya penurunan kasus terkonfirmasi positif di Banjarmasin.

Alih-alih pengurangan jumlah kasus aktif, nyatanya kasus Covid-19 di Banjarmasin malah menghinggapi ratusan Tenaga Kesehatan (Nakes) yang saat ini menjadi tenaga krusial dalam penanganan Covid-19, terlebih saat PPKM saat ini.

Pemko Banjarmasin setelah rapat dengan tim satgas Covid-19 Banjarmasin, memutuskan untuk kembali memperpanjang status PPKM level IV di Banjarmasi dari tanggal 3 hingga 8 Agustus 2021.

Perpanjangan status PPKM level IV ini sesuai dengan hasil rapat dan di sampaikan melalui surat edaran Walikota Banjarmasin, nomor 440/03-P2P/Diskes. Tentang perpanjangan pelaksanaan PPKM level IV di Banjarmasin dan pengetatan di beberapa sektor.

Namun hingga akhir pelaksanaan perpanjangan PPKM level IV ini, Pemko Banjarmasin masih belum memberikan kepastian. Padahal sudah semestinya kepastian kelanjutan PPKM tersebut disampaikan kepada warga kota Banjarmasin.

Saat di konfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, yang juga merupaka Juru Bicara Satgas Covid-19 Banjarmasin, Machli Riyadi, menyampaikan bahwa dengan melihat gambaran kasus ini kemungkinan untuk perpanjangan masih 50:50.

Ia juga tidak berani memprediksi, lantaran kebijakan tersebut sangat dipengaruhi oleh keputusan dari Pemerintah Pusat.

“Kalau kita inginnya penguatan terhadap Protokol Kesehatan, pelonggaran terhadap sektor ekonomi,” ujarnya, minggu (8/8/2021).

Baca Juga : Kerumunan saat Vaksinasi Massal di GOR, Matnor Ali Sebut Petugas Penegakkan PPKM Level IV Kecolongan

Baca Juga : Kasus Kematian Pasien Covid-19 Diatas Usia 40 Secara Nasional Melonjak, Kadinkes: Banjarmasin Masih Sedikit

Menurutnya hal tersebut harus dilakukan karena saat ini perekonomian masyarakat khususnya di Kota Banjarmasin sudah sangat perlu untuk di kuatkan, tetapi protokol kesehatan juga harus tetap di kuatkan.

“Nah masalah ini bagaimana formulanya, itu besok baru kita rapatkan,” paparnya.

Baca selengkapnya dihalaman selanjutnya :