Dinilai Dukung KKBPK, Anang Syakhfiani Diusulkan Meraih Penghargaan Satya Lencana Pembangunan

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani berfoto bersama tim penilai Penghargaan Satya Lencana Pembangunan KKBPK usai menyampaikan eksposes di Wisma Tamu Pendopo Tanjung (foto : arif/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel- Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani diusulkan meraih penghargaan Satya Lencana Pembangunan Bidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Keluarga Berencana (KB) dan Kesehatan Reproduksi Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan yang juga selaku Tim Teknis Tanda Kehormatan dan Tanda Penghargaan Tingkat Provinsi, Ir H Ramlan.

Menurutnya, selama ini Anang Syakhfiani telah banyak mendukung dan berkomitmen dalam rangka mengembangkan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga di Kabupaten Tabalong.

“Dari penilaian kami kemarin nilainya sudah 77,5,” ucapnya kepada media usai menerima ekspose Bupati Tabalong terkait penghargaan Satya Lencana Pembangunan KKBPK di Wisma Tamu Pendopo Tanjung.

Selain itu ia juga mengatakan, nilai yang diraih Anang Syakhifiani sudah memenuhi syarat utama seorang Kepala Daerah untuk meraih penghargaan Satya Lencana Pembangunan KKBPK yang hanya 71.

“Mudah-mudahan tim verifikasi ini berjalan lancar, sehingga nilai bupati tidak diturunkan, tapi saya yakin nilai ini tidak akan turun,” pungkasnya.

Sementara itu dalam mendukung program KB beberapa pencapaian telah berhasil direaliasikan Anang Syakhfiani dalam kurun waktu 2014 hingga 2017.

Diantaranya adalah terbentuknya Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melalui Perda Nomor 43 tahun 2016 yang juga didukung oleh APBD.

Terbentuknya Sumber Daya Manusia (SDM) KB dan Kampung KB di 24 Desa yang tersebar di 12 Kecamatan serta total fertility rate sebesar 2.4.

Selain itu juga diperkuat dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang berhasil meraih peringkat ke tiga se Kalimantan Selatan dan peringkat ke 152 dari 416 Kabupaten seluruh Indonesia.(arif/adv)

Editor : Alfarabi