Balangan

Dinas PUPR Balangan Dukung Pengembangan Kebun Raya

PARINGIN, klikkalsel.com – Pembangunan dan pengembangan Kebun Raya Balangan, Jalan Garuda Maharam, Kabupaten Balangan, Kalsel nampaknya terus berlanjut. Tak hanya pada bidang infrastruktur bangunan, melainkan pula pada koleksi tanaman dan pohonnya.

Belakangan, Dinas PUPR Kabupaten Balangan juga ikut andil dalam perencanaan pembangunan di Kebun Raya Balangan. Bahkan telah dibuatkan jalan dan gedung serbaguna yang nantinya dimanfaatkan oleh pengelola kebun raya.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Tuhalus menerangkan, ada beberapa kegiatan pembangunan yang dilakukan untuk pengembangan kebun raya tersebut. Di antaranya pembangunan gedung pengelola, sumur bor dan jalan.

Pihaknya pun sangat mendukung kegiatan pengembangan Kebun Raya Balangan dari Balitbangda Kabupaten Balangan.

“Kami juga akan tetap berpartisipasi dan mendukung rencana penambahan sarana dan prasarana yang dilakukan oleh Balitbangda Balangan,” ucap Tuhalus, Rabu,(23/12/2020).

Peran PUPR dalam pengembangan sarana dan prasarana tersebut ialah berusaha memenuhi kebutuhan dari Kebun Raya Balangan yang bisa dianggarkan pada APBD Kabupaten Balangan melalui Dinas PUPR Kabupaten Balangan.

Ia pun berharap, lima tahun ke depan, Kebun Raya Balangan sudah dapat mengejar Kebun Raya pada kabupaten lainya dengan adanya sarana dan prasarana yang mumpuni.

Terlepas dari itu, pada kegiatan menanam pohon serentak itu pula, Tuhalus merasa senang karena dapat berpartisipasi dalam penghijauan lingkungan dan pengembangan tanaman di Kebun Raya.

Apalagi ucapnya, pada setiap pohon yang ditanam telah diberi nama penanamnya. Sehingga, saat pohon tersebut tumbuh besar tetap diketahui siapa penanamnya, karena tercatat dalam data dari pengelola Kebun Raya Balangan.

Dinas PUPR Balangan ikut menanam lima batang pohon di zona taksonomi. Jenis pohon yang ditanam merupakan pohon langka khas Kalimantan.

Sementara Tuhalus menanam pohon kasturi yang diketahui merupakan ikon dari wilayah berjuluk Bumi Lambung Mangkurat. (fitri)

Editor : Akhmad

To Top