HST

Dinas Pertanian sambut baik program para Bupati-Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah.Bupati-Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah.

BARABAI, Klikkalsel.com – Menanggapi gagasan dan program yang dituangkan dalam visi-misi menyamgkut pertanian yang dibawa oleh seluruh pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), mendapat tanggapan positif dari Dinas Pertanian Kabupaten HST.

Seperti yang katakan Masradi, Kepala Dinas Pertanian HST, bahwa pertanian memang adalah komoditi utama di Bumi Murakata, baik itu karet, padi, jagung, kacang dan berbagai sayuran.

“Kita tentu saja menyambut baik hal itu, karena kita ketahui masyarakat HST hampir 80 persen berprofesi sebagai Petani,” katanya kepada Klikkalsel.com, Kamis (12/11/2020).

Selain itu ia juga membeberkan, Kabupaten HST, memang memiliki potensi wilayah di sektor pertanian, jadi wajar jika calon kepala daerah yang akan datang memprioritaskan pertanian sebagai salah satu agenda pembangunan daerah kedepannya.

Menurutnya, jika pertanian di HST ingin maju, memang sudah semestinya sektor ini didorong seperti mengalokasikan anggaran yang sepadan dengan pemberdayaan pertanian.

Hal tersebut bertujuan untuk melakukan beberapa agenda yang dapat merangsang tumbuh kembang hasil pertanian.

Adapun langkah yang diambil oleh bupati nantinya, adalah mensinkronisasikan visi-misi mereka yang dituangkan kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), dengan Rencana pembangunan provinsi dan masional.

“Kami akan melihat dulu RPJMD dan KLHS mereka agar dapat menyelaraskan agenda pembangunan kita di sektor Pertanian,” sambungnya.

Berbicara sektor pertanian tentunya Padi dan karet masih komoditi unggulan, padi sebagai penyandang pangan dan karet sebagai mata pencaharian yang terus berjalan meski untuk harga naik turun.

“Kedepan dengan realisasi program yang mereka gagas tentu akan membawa kemakmuran bagi masyarakat HST dan tentunya dapat menjadikan Kabupaten kita mandiri,” pungkasnya.(wawan)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top