Selasa, Januari 25, 2022

Dilantik Sebagai Dirut PDPAL, Endang Waryono Diminta Tingkatkan Profit

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Endang Waryono yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Satuan Pengawas Internal PDAM Bandarmasih Banjarmasin, kini dilantik sebagai Direktur Perumda Pengelola Air Limbah Domestik (PALD) Kota Banjarmasin.

Pelantikan berlangsung di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin. Selain Endang Waryono, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina juga melantik Taufiq Adi Rahmanie sebagai Dewan Pengawas Perumda PALD Kota Banjarmasin.

Perumda PALD Kota Banjarmasin diharapkan tak hanya berfungsi sebagai pengelola air limbah, tetapi juga dapat menjalankan program sanitasi Kota Banjarmasin.

Karena, menurut Ibnu Sina, syarat sebuah kota untuk dapat dikatakan sebagai kota yang maju dan sehat adalah dengan pengelolaan sanitasinya yang baik.

“Karena sanitasi, air bersih itu adalah salah satu syarat sebuah kota itu dikatakan kota yang maju, yang sehat,” ujarnya, Senin (3/1/2022)

Disamping itu, selain menjalankan tugas rutin dan melayani masyarakat sebagai dasar pelayanannya, Perumda PALD Kota Banjarmasin juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan di Kota Seribu sungai agar lebih baik lagi.

“Oleh karena itu, sejak awal saya berharap Perumda PALD ini bisa bertahan dan bahkan dengan bentuknya yang baru bisa lebih baik lagi dengan perencanaan bisnis, bukan hanya melaksanakan tugas-tugas rutin melayani warga sebagai tugas pelayanan dasar, tetapi juga mudah-mudahan bisa bertahan dan bahkan bisa profit,” paparnya.

Baca Juga : Perkelahian Maut di Malam Tahun Baru, Kapolsek Banjarmasin Selatan: Kedua Pelaku Sudah Diamankan

Baca Juga : Jembatan Penghubung Desa Tabunganen Runtuh Akibat Dihantam Air Pasang

Sementara itu, Direktur Utama Perumda PALD, Endang Waryono, mengaku siap menjalankan amanah dari Wali Kota Banjarmasin sekaligus melantiknya sebagai pemegang nahkoda di perusahaan milik Pemerintah Kota Banjarmasin ini.

“Pertama kita akan melihat dulu bagian dalam PDPAL ini. Karena jika diibaratkan anak kost, yang baru datang di suatu rumah yang kita belum tau isinya. Jadi akan kita pelajari dulu selanjutnya langkah apa saja yang akan kita ambil,” ucapnya.

Lantas apa strategi Endang Waryono dalam meningkatkan jumlah pelanggan di perusahaan yabg saat ini dipimpinnya tersebut? Mengingat saat ini hanya 5,9 persen masyarakat yang menggunakan jasa pengelolaan air limbah.

Terkait hal itu, Endang mengaku bahwa pihaknya akan akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti PUPR, DLH dan DPMPTSP, serta pihak swasta untuk meningkatkan pelayanan.

Menurutnya, jika oelayanan meningkat, maka otomatis berdampak pada peningkatan jumlah pelanggan.

“Saat ini jumlah pelanggan kota baru 5,9 persen. Yaa minimal kita bisa tingkatkan 5 sampai 10 persen dalam 5 tahun kedepan,” imbuhnya.

“Pada intinya kita melanjutkan program yang ada dan meningkatkan lagi supaya PAL-D ini bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
28,880PengikutMengikuti
630PelangganBerlangganan